PENGARUH ANALISIS PEMBIAYAAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PENURUNAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon)

AGUS HERLAN, (2013) PENGARUH ANALISIS PEMBIAYAAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PENURUNAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AGUS HERLAN_58320164_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

AGUS HERLAN (58320164): PENGARUH ANALISIS PEMBIAYAAN DAN PENGAWASAN TEHADAP PENURUNAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Cirebon) Analisis pembiayaan merupakan elemen penting dalam pemberian pembiayaan kepada debitur. Diperlukan suatu analisis yang baik dan seksama terhadap semua aspek pembiayaan yang dapat menunjang proses pemberian pembiayaan. Dalam penyaluran pembiayaan, disamping harus memperhatikan prinsip-prinsip pemberian pembiayaan dengan melakukan analisis pembiayaan, bank juga harus melakukan pengawasan terhadap pembiayaan yang disalurkan. Pengawasan dilakukan pada saat pemberian sampai dengan pembiayaan yang diberikan tersebut dilunasi oleh debitur. Dengan demikian, bank harus menerapkan analisis pembiayaan dan pengawasan yang efektif supaya bisa meminimalisir resiko – resiko yang terdapat dalam pembiayaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh analisis pembiayaan terhadap penurunan pembiayaan bermasalah, bagaimana pengaruh pengawasan terhadap penurunan pembiayaan bermasalah dan seberapa besar pengaruh analisis pembiayaan dan pengawasan terhadap penurunan pembiayaan bermasalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh analisis pembiayaan dan Pengawasan terhadap penurunan pembiayaan bermasalah pada Bank Muamalat Indonesia cabang Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari wawancara, kuesioner/angket, studi dokumen serta observasi. Uji instrumen yang digunakan yaitu validitas dan reliabilitas. Karena data berbentuk ordinal maka ditransformasikan dahulu menjadi interval. Kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskodastisitas, uji regresi berganda, pengujian hipotesis (uji F/simultan,uji koefisien determinasi, uji T/ parsial) uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis pembiayaan dan pengawasan secara bersama-sama mempengaruhi penurunan pembiayaan bermasalah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji F, bahwa Fhitung (23,792) > dari Ftable (3,63) sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5% atau 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan koefisien determinan (R Square) sebesar 0,7482 atau 74,8%, yang artinya penurunan pembiayaan bermasalah dapat diketahui/ dijelaskan oleh analisis pembiayaan dan pengawasan sebesar 74,8% dan sisanya 25,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: analisis pembiayaan, pengawasan dan pembiayaan bermasalah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:46
Last Modified: 07 Jun 2017 04:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item