SISTEM PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA PERUSAHAAN DAGANG NURJATI DESA WARUJAYA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON (Studi Analisis Perspektif Ekonomi Islam)

FERDI, (2021) SISTEM PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA PERUSAHAAN DAGANG NURJATI DESA WARUJAYA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON (Studi Analisis Perspektif Ekonomi Islam). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FERDI. NIM: 18086050014. “SISTEM PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA PERUSAHAAN DAGANG NURJATI DESA WARUJAYA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON (Studi Analisis Perspektif Ekonomi Islam)” Dalam berbisnis itu memerlukan sebuah strategi sehingga dalam berbisnis dapat menguntungkan dan mempunyai prospek yang bagus. Salah satu strategi yang diaplikasikan dalam bisnis yaitu strategi marketing mix. Dalam strategi ini bagaimana cara mengaplikasikan 4P yang terdiri dari product, price, promotion, dan place yang dikombinasikan dengan metode segmentasi, targeting, dan positioning, seperti yang dilakukan oleh Perusahaan Dagang Nurjati untuk merebut persaingan pasar dalam perspektif ekonomi Islam tetapi Perusahaan Dagang Nurjati mempunyai kendala untuk dapat merebut persaingan pasar diantaranya modal usaha yang sedikit, kendala bahan baku, dan kendala finishing. Dari hal tersebut terdapat tiga rumusan masalah yaitu: a) Bagaimana sistem produksi di Perusahaan Dagang Nurjati?; b) Bagaimana strategi pemasaran di Perusahaan Dagang Nurjati?; dan c) Bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang startegi pemasaran di Perusahaan Dagang Nurjati?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem produksi di Perusahaan Dagang Nurjati; untuk menganalisis strategi pemasaran di Perusahaan Dagang Nurjati; dan untuk menganalisis perspektif ekonomi Islam tentang strategi pemasaran di Perusahaan Dagang Nurjati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif fenomenologis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif, deskriptif, dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Perusahaan Dagang Nurjati dalam memproduksi mebel menggunakan dua sistem yaitu pertama dengan pemesanan atau orderan langsung konsumen dan yang kedua produk dipasarkan setelah produk diproduksi dengan keadaan telah jadi; (2) Strategi pemasarannya menggunakan strategi Marketing Mix yaitu produk, distribusi, promosi, dan harga; (3) Berdasarkan hasil analisis Marketing Mix, diketahui bahwa pengaplikasian product, price, promotion, dan place ini sudah sesuai dengan startegi pemasaran syariah, dimana produk yang dijual tidak haram, harganya tidak memberatkan konsumen, promosinya menggunakan metode pemasaran yang sudah sesuai dengan ajaran Islam, dan distribusinya masih mengandalkan kedatangan konsumen ke tempat produksi. Sedangkan STP (segmentasi, targeting, dan positioning) yang digunakan untuk merebut persaingan pasar dengan cara memberikan pelayanan yang memusakan, testimony dari konsumen, memperluas jaringan, dan meningkatkan kualitas dan standar produk. Kata Kunci: Sistem Produksi, Strategi Pemasaran, Marketing Mix, STP

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:36
Last Modified: 15 Sep 2021 05:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5348

Actions (login required)

View Item View Item