Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Menanamkan Nilai-nilai Multikultural (Studi Kasus di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu Kab. Cirebon)

Samsudin, (2021) Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Menanamkan Nilai-nilai Multikultural (Studi Kasus di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Samsudin. Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Menanamkan Nilai-nilai Multikultural (Studi Kasus di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu Kab. Cirebon), 2020. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah Pascasarjana Insititut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Sebagai negeri yang memiliki keberagaman pemikiran dan pemahaman yang multikultural berarti siap menerima adanya berbagai macam budaya yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan. Dengan adanya pendidikan multikultural diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai plurarisme, humanisme dan demokrasi secara langsung kepada peserta didik. Adapun dalam proses strategi pembelajaran ekspositori untuk penanaman nila-nilai multikultural terhadap peserta didik tersebut adalah guru PAI. Peneliti ini bertujuan untuk menganilisis strategi pembelajaran ekspositori guru PAI untuk menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP NU Syekh Bratakelana, penelitian ini yang di fokus pada tiga masalah yaitu: 1) Strategi Pembelajaran Ekpositori Guru Pendidikan Agama Islam 2) Nilai-Nilai Multikultural di SMP NU Syekh Bratakelana (3) Strategi Pembelajaran Ekpositori Guru PAI untuk Menanamkan Nilai-nilai Multikultural di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu Kab. Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari metode tersebut, kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) strategi pembelajaran ekspositori guru PAI dalam menanamkan nilai multikultural dilakukan melalui; perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (2) nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di SMP NU Syekh Bratakelana yaitu: nilai toleransi, nilai gotong royong, nilai saling menghargai dan menghormati, nilai keadilan, nilai kebebasan, nilai kebersamaan dan persaudaraan (3) Strategi Pembelajaran Ekpositori Guru PAI untuk Menanamkan Nilai-nilai Multikultural di SMP NU Syekh Bratakelana yaitu: nilai toleransi, nilai gotong royong, nilai saling menghargai dan menghormati, nilai keadilan, nilai kebebasan, nilai kebersamaan dan persaudaraan, dan faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai multikultural yang meliputi faktor Internal dan Eksternal. Implikasi dari penelitian ini diantara lain tertanam di dalam diri siswa nilai-nilai multikultural diantaranya; toleransi, persaudaraan, dapat saling menghormati dan menghargai perbedaan. Kata Kunci: Nilai-Nilai Multikultural, Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Pendidikan Agama Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:19
Last Modified: 15 Sep 2021 05:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item