Pengaruh Distribusi Fisik Dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Rani Nurfitri, (2021) Pengaruh Distribusi Fisik Dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUS.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

RANI NURFITRI. NIM: 1708203091. "PENGARUH DISTRIBUSI FISIK DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)”. 2021 Kepuasan konsumen menjadi faktor penting dalam membangun sebuah usaha. Begitu pula dalam usaha di bidang e-commerce seperti halnya Shopee yang saat ini menjadi e-commerce yang paling diminati oleh masyarakat. Kepuasan dalam hal ini merupakan perasaan yang dirasakan oleh konsumen setelah melakukan pembelian produk atau jasa dengan layanan elektronik. Jika konsumen merasa puas maka konsumen tersebut tidak hanya akan kembali lagi untuk berbelanja tetapi juga dapat membawa konsumen lain untuk ikut berbelanja. Untuk itu, agar dapat bertahan di tengah persaingan dengan e-commerce lainnya maka Shopee dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumennya agar tetap merasa puas,. Adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen diantaranya adalah distribusi fisik atau aktifitas logistik dan e-service quality. Distribusi fisik merupakan kegiatan proses penyampaian produk ke tangan konsumen. E-service quality merupakan penilaian kualitas pelayanan secara keseluruhan yang diberikan pada situs belanja online. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh distribusi fisik dan e-service quality terhadap kepuasan pengguna aplikasi shopee. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 85 responden dari populasi 594 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin dengan standar error 0,1 atau 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik berupa uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan), serta uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan bantuan alat IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara distribusi fisik terhadap kepuasan pengguna aplikasi shopee sebesar 9,8% serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-service quality terhadap kepuasan pengguna aplikasi shopee sebesar 62,9%. Maka secara simultan, distribusi fisik dan e-service quality bersama-sama mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi shopee dengan kontribusi sebesar 72,8%. Kata kunci: Distribusi Fisik, E-Service Quality, Kepuasan, Shopee

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Sep 2021 16:27
Last Modified: 16 Sep 2021 16:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item