BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Budaya Sekolah Islami Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Lemahsugih Kabupaten Majalengka)

ACENG SUNANDI, (2021) BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Budaya Sekolah Islami Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Lemahsugih Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ACENG SUNANDI : BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Budaya Sekolah Islami Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Lemahsugih Kabupaten Majalengka), Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Kurangnya tanggung jawab siswa terhadap dirinya, baik ketika pembelajaran berlangsung atau terhadap lingkungan sekolah. Terbukti dengan kehadiran siswa banyak yang kurang dari 80%, ruang kelas banyak yang kotor, dan minat baca siswa rendah terlihat dari peminjam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di perpustakaan sangat sedikit, minat baca al-quran yang rendah, banyak siswa yang kurang komunikasi dengan guru sehingga antar siswa dan guru kurang dekat. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak hanya didukung oleh lengkapnya sarana dan prasarana, guru yang berkualitas ataupun input peserta didik yang baik, akan tetapi budaya sekolah yang kondusif memungkinkan dapat meningkatkan prestasi peserta didik serta akan berimplikasi terhadap pembentukan karakter, motivasi, dan hasil belajar atau prestasi siswa. Dari latar belakang diatas maka muncul pertanyaan penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana budaya sekolah, islami dan motivasi belajar siswa terhadap PAI di SMKN 1 Lemahsugih ?. 2) Faktor apakah yang mendukung dan menghambat peran budaya sekolah islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap PAI di SMKN 1 Lemahsugih ?. 3) Bagaimana upaya menanggulangi faktor penghambat terwujudnya peran budaya sekolah islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap PAI di SMKN 1 Lemahsugih ? Hasil penelitian ini menunjukan 1) terealisasinya budaya sekolah khususnya budaya membaca, berperilaku bersih dan motivasi belajar siswa terhadap PAI pengembangan budaya sekolah dilakukan dengan melaksanakan beberapa pembiasaan yang dilakukan di SMKN 1 Lemahsugih. 2) faktor pendukung dan faktor penghambat peran budaya sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap PAI yaitu peran Kepala sekolah sebagai motivator, peran guru sebagai pendidik, dan peran siswa sebagai pelaksana budaya sekolah. 3) Untuk menanggulangi faktor penghambat terwujudnya peran budaya sekolah islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap PAI di SMKN 1 Lemahsugih diperlukan kerjasama dari semua pihak dengan melaksanakn tugas dan fungsi masing-masing warga sekolah. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Budaya di sekolah terbentuk ketika sekolah mampu merumuskan dan menetapkan nilai-nilai dan normanorma tertentu secara jelas dan tegas. Selain itu juga setiap bidang yang ada di sekolah seyogyanya mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam usaha membentuk budaya belajar peserta didik. Program dan kegiatan yang disusun oleh setiap bidang yang ada harus mampu mendukung terbentuknya budaya yang positif di sekolah. Kata kunci : Budaya Sekolah, Motivasi Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:15
Last Modified: 16 Sep 2021 16:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item