PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Di MTs BINA CENDEKIA

Widya Ayuningsih, and Iwan, (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Di MTs BINA CENDEKIA. AL- ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (1). ISSN E-2723-0708

[img]
Preview
Text
Widya_Ayuningsih.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pencapaian hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak yang tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional, dimana guru aktif menyampaikan materi pelajaran sedangkan siswa cenderung pasif, hanya mendengarkan apa yang guru sampaikan. Sehingga siswa mengalami kejenuhan dan penurunan minat dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Group Posstest-Only Control Or Comparison Group. Sampel dalam penelitian adalah 60 siswa kelas VII MTs Bina Cendekia. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, dokumentasi dan Tes. Uji analisis untuk penelitian ini adalah uji perbedaan dua rerata sampel bebas dengan uji hipotesis, uji-t sampel bebas. Setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah sebesar 73,83 sedangkan pada kelas konvensional adalah sebesar 63,63. Hasil perhitungan uji-t adalah thitunglebih besar dari ttabel yakni 3,373>1,67 yang menandakan bahwa Ho di tolak, artinya terdapat perbedaan parameter populasi. Hipotesis penelitian yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode mind mapping lebih tinggi di banding hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah benar. Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa metode mind mapping terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Bina Cendekia

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:10
Last Modified: 17 Sep 2021 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item