STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK (DKIS) KOTA CIREBON DALAM MENSOSIALISASIKAN CIREBON SMART CITY MELALUI PRORAM SMART SOCIETY. ALIF GUFRON NUR AKMAL

ALIF GUFRON NUR AKMAL, (2021) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK (DKIS) KOTA CIREBON DALAM MENSOSIALISASIKAN CIREBON SMART CITY MELALUI PRORAM SMART SOCIETY. ALIF GUFRON NUR AKMAL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK (DKIS) KOTA CIREBON DALAM MENSOSIALISASIKAN CIREBON SMART CITY MELALUI PRORAM SMART SOCIETY. ALIF GUFRON NUR AKMAL. NIM. 1608302038 Permasalahan sebuah kota khususnya Kota Cirebon sudah berkembang dan memiliki kompleksitas yang tinggi, sehingga pemecahan masalah secara konvensional kurang tepat dalam mengejar kecepatan dan perkembangan sebuah kota. Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) adalah salah satu alternative solusi yang dimiliki potensi untuk melakukan perubahan yang sangat cepat sehingga diharapkan dapat menyelesaikan berbagai persoalan dan tantangan sebuah perkotaan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana perumusan strategi komunikasi DKIS Kota Cirebon dalam mensosialisasikan Cirebon Smart City melalui program Smart Society?. (2) Bahagaimana hasil dari sosialisasi Cirebon Smart City melalui program Smart Society yang dilaksanakan oleh DKIS Kota Cirebon?. Adapun tujuannya adalah (1) untuk mengetahui perumusan strategi DKIS Kota Cirebon dalam mensosialisasikan Cirebon Smart City melalui Smart Society, (2) untuk mengetahui hasil dari sosialisasi Cirebon Smart City melalui program Smat Society yang dilaksakan oleh DKIS Kota Cirebon. Metode penelitian kualitatif dengan pedekatan studi kasus. Sumber data yang pertama data primer, diperoleh melalui proses wawancara mendalam dengan jajaran DKIS Kota Cirebon. Kedua yaitu data sekunder yang berasal dari bukubuku, tulisan ilmiah, browsing internet, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian. Tenik pengumpulan data penelitian ini menggunakan obeservasi, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi (data display) dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi komunikasi DKIS Kota Cirebon dalam mensosialisasikan Cirebon Smart City melalui program Smart Society terdiri dari 6 tahapan strategi komunikasi, yaitu: Pengumpulan data dasar dan perkiraan kebutuhan, perumusan sasaran dan tujuan komunikasi, analisis perencanaan dan penyusunan strategi, analisis khalayak dan segmentasinya, seleksi media, dan desain dan penyusunan pesan. (2) Hasil sosialisasi Cirebon Smart City melalui program Smart Society berdasarkan tingkat pengetahuan, penggunaan, dan manfaat Smart Society yang paling dirasakan oleh ASN di Kota Cirebon yaitu pada sub dimensi manajemen keamanan dan keselamatan, dan berdasarkan tingkat pengetahuan, penggunaan dan manfaat Smart Society yang paling banyak dirasakan oleh Masyarakat (komunitas) di Kota Cirebon yaitu pada sub dimensi interaksi masyarakat. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Smart City.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:41
Last Modified: 21 Sep 2021 08:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5437

Actions (login required)

View Item View Item