ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SURAT EDARAN IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI PEDOMAN PENULISAN SURAT EDARAN

Bagaskara Nurrochmansyah, (2021) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SURAT EDARAN IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI PEDOMAN PENULISAN SURAT EDARAN. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
Cover sd Dafis.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (584kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penggunaan bahasa pada surat resmi seharusnya menggunakan tata bahasa yang benar dan sesuai dengan ragam bahasa resmi. Berbanding terbalik dengan Surat Edaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang memilki banyak kesalahan berbahasa. Kesalahan berbahasa tersebut bukan hanya terdapat dalam satu jenis, melainkan terdapat beberapa jenis kesalahan seperti kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca, dan kesalahan penggunaan kata yang baku. Banyaknya kesalahan berbahasa pada surat edaran yang bersifat resmi menjadi hal yang menarik dan sekaligus menjadi latar belakang penelitian ini. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan, membenahi kesalahan, dan membuat buku panduan penulisan surat edaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif dengan memadukan pengembangan untuk membuat pedoman pembuatan surat edaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan metode simak untuk mendapatkan data berupa arsip surat edaran. Teknik lainnya adalah wawancara untuk mendapatkan data berupa penyebab terjadinya kesalahan berbahasa. Teknik analisis yang digunakan adalah metode padan dan agih untuk mengetahui padanan kata dan membenahi tata bahasa yang termasuk dalam kesalahan. Berdasarkan hasil analisis kesalahan berbahasa pada 14 Surat Edaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diterbitkan mulai Maret sampai September 2020 terdapat 643 kasus kesalahan. Kesalahan tersebut terdiri dari 189 kesalahan pemakaian huruf kapital, 55 kesalahan penggunaan kata yang tidak baku, 138 kesalahan penulisan bercetak miring. Selain itu, ditemukan 45 kesalahan penulisan bercetak tebal, 151 kesalahan penggunaan tanda baca, dan 65 kesalahan penggunaan kata yang tidak tepat. Kesalahan tersebut disebabkan oleh kebiasaan penulis menggunakan kaidah yang salah. Selain itu, terbatasnya kemampuan memahami dan mengaplikasikan tata bahasa Indonesia yang benar menjadi penyebab lain dari terjadinya kesalahan berbahasa tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:39
Last Modified: 23 Sep 2021 04:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item View Item