Penanaman Nilai-Nilai Pluraisme Antar Siswa Beda Agama di SMPN 1 Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon

Frida Miftahul Jannah, (2021) Penanaman Nilai-Nilai Pluraisme Antar Siswa Beda Agama di SMPN 1 Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, Akidah Filsafat Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER sd DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Frida Miftahul Jannah: “Penanaman Nilai-Nilai Pluraisme Antar Siswa Beda Agama di SMPN 1 Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon”. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Arjawinangun, melihat kejadian fenomena sosial tentang pluralisme antar umat beragama. Dari persoalan kerukunan antar umat beragama, Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keagamaan budaya, adat istiadat, suku, bahasa dan agama. keragaman ini merupakan keistimewaan yang dimiliki bangsa Indonesia yang patut kita banggakan, namun disisi lain juga merupakan tantangan yang harus dikelola dengan baik. Bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai-nilai pluralisme antar siswa beda agama pada Siswa. (2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan dan kandungan nilai-nilai pluralisme pada materi Pendidikan Agama Islam bagi siswa-siswa yang berbeda-beda keyakinan pada siswa SMPN 1 Arjawinangun. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dilakukan dengan wawancara atau observasi kepada objek yang dituju, dokumen-dokumen (jurnal, skripsi, makalah). Dengan teknik pengumpulan data berupa data primer dan sekunder. Kerangka teori yang digunakan pemikiran Jhon Hick. Penelitian adalah menujukkan bahwa salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk membangun sikap pluralisme atau toleransi dalam diri peserta didik, pluralisme antar umat beragama merupakan hal yang sangat penting karena dengan adanya sikap pluralisme pada setiap individu maka akan terwujudnya kehidupan yang rukun dan damai. Oleh karena itu sekolah yang merupakan lembaga pendidikan formal diharapkan mampu menjadikan peserta didik untuk bersikap toleransi terhadap sesama. Kata kunci: Pluralisme, Umat Beragama, Beda Agama, Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Filsafat (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:44
Last Modified: 23 Sep 2021 08:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item