Analisis Isi Nilai-nilai Sosial Pada Novel Alkudus Karya Asef Saeful Anwar dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Buku Fiksi di Kelas VIII

Lisdianingsih, (2021) Analisis Isi Nilai-nilai Sosial Pada Novel Alkudus Karya Asef Saeful Anwar dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Buku Fiksi di Kelas VIII. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
COVER s.d DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian penelitian ini membahas tentang analisis nilai-nilai sosial pada novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar dan pemanfaatannya dalam pembelajaran buku fiksi di kelas VIII. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai sosial apa saja yang terkandung di dalam novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar, yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sastra pada kelas VIII melalui novel Alkudus. Jenis penelitian ini menggunakan teknik deskripstif, dengan pendekatan kualitatif analisis isi dan subjek penelitian ini adalah novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial yang terkandung di dalam novel Alkudus, untuk kemudian disesuaikan dalam penerapan kehidupan sehari-hari peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan baca dan catat sedangkan instrumen menggunakan kartu data. Keabsahan data diperoleh melalui validasi dan reabilitas menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai sosial yang terkandung dalam novel Alkudus karya asef Saeful Anwar mencakup nilai cinta kasih, tanggung jawab, kepedulian, kerja sama, dan tolong menolong. Dari ke lima nilai tersebut maka dalam novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar dapat digunakan sebagai pembelajaran buku fiksi di kelas VIII karena bahasa yang ada di dalam novel mudah untuk dipahami, dapat dijadikan pembelajaran untuk menerapkan nilai-nilai sosial, merupakan sebuah bacaan yang memiliki nilai moral yang baik bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Sep 2021 09:30
Last Modified: 24 Sep 2021 09:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item