Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Akun Instagram @byldf_

Nia Kurnia Saputri, (2021) Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Akun Instagram @byldf_. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (501kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis tindak tutur ilokusi pada akun instagram @byldf_. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tuturan yang terdapat pada akun instagram @byldf_ dan mendeskripsikan jenis tuturan yang terdapat pada akun instagram @byldf_. Pada penelitian ini menggunakan teknik deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tindak tutur ilokusi pada unggahan diakun instagram @byldf_. Penelitian ini difokuskan pada tulisan yang diunggah pada akun instagram @byldf_ yang kemudian disesuaikan dengan jenis-jenis tindak tutur ilokusi menurut Searle. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, catat, dan simak. Sedangkan, instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan realibitas menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk dan jenis tindak tutur yang terdapat pada akun instagram @byldf_ periode Januari – Mei 2021 terbagi menjadi 3 (tiga) bentuk tuturan, yaitu deklaratif (kalimat berita), imperatif (kalimat perintah), dan interogatif (kalimat tanya) sedangkan, jenis tuturan terdapat 3 (tiga) jenis, yaitu jenis tuturan direktif, asertif, dan ekspresif. Jenis yang tidak ditemukan pada akun instagram @byldf_ yaitu jenis tuturan komisif dan deklaratif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Sep 2021 09:36
Last Modified: 24 Sep 2021 09:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item