Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi dan Pemanfaatannya pada Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon

Nurul Lutviana Ika Pradini, (2021) Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi dan Pemanfaatannya pada Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini peserta didik masih banyak yang belum memahami serta belum sepenuhnya mengerti terkait kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks cerpen. Berdasarkan kompetensi dasar 3.6 bahwasannya siswa harus memahami terkait kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks cerpen yang didengar maupun yang dibaca. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa bidang Morfologi pada teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon, faktor penyebab kesalahan berbahasa bidang Morfologi dan pemanfaatannya pada pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber datanya berupa sumber data primer yakni siswa kelas IX-A sampai kelas IX-E SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Data yang dimaksud berupa 25 teks cerpen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan kartu data. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih atau distribusional. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan berbahasa bidang Morfologi dengan rincian afiksasi berjumlah 88 kesalahan, reduplikasi 11 dan komposisi 9 kesalahan, jumlah kesalahan bidang Morfologi secara keseluruhan yakni 108 kesalahan. Selain itu, terdapat faktor yang menjadi penyebab kesalahan berbahasa bidang Morfologi yakni pengaruh bahasa yang lebih dahulu dikuasai, adanya kekurangpahaman pemakai bahasa, dan pengajaran bahasa yang kurang sesuai. Terakhir, dalam penelitian ini memaparkan skenario pemanfaatan video pembelajaran sebagai output penelitian yang dimulai dari salam pembuka hingga penutup

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Sep 2021 09:45
Last Modified: 24 Sep 2021 09:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5509

Actions (login required)

View Item View Item