UPAYA GURU DAN RESPON SISWA DALAM PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PGRI 1 PALIMANAN

KHODIJAH, (2012) UPAYA GURU DAN RESPON SISWA DALAM PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PGRI 1 PALIMANAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340057_khodijah 58440907__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KHODIJAH, Upaya Guru dan Respon Siswa dalam Pengembangan Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK PGRI 1 Palimanan. Kewirausahaan sebagai mata pelajaran yang di berikan di SMK mempunyai tujuan bukan hanya siswa mengetahui kewirausahaan tetapi lebih dari itu siswa diharapkan berwirausaha baik ketika masih duduk di bangku sekolah terlebih lagi ketika siswa sudah lulus sekolah. Ini akan merubah mindset siswa dari lulus mencari kerja menjadi lulus menciptakan lapangan kerja. Dalam mata pelajaran kewirausahaan bukan hanya teori yang diberikan, tetapi juga ada keterampilan dan praktik dari kewirausahaan. Porsi yang diberikan 30% untuk teori dan 70% untuk keterampilan/ praktik, namun yang ada guru justru lebih banyak memberika materi hingga 70% sedangkan untuk praktik hanya 30%. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tentang upaya guru yang dilakukan dalam pengembangan mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI 1 Palimanan, untuk mengetahui respon siswa terhadap kewirausahaan di SMK PGRI 1 Palimanan dan untuk mengetahui Minat siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Palimanan untuk berwirausaha. Guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, serta ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia dibidang pembangunan. Guru memiliki peranan yang sangat komplek di dalam proses belajar mengajar. Salah satu tahap mengajar yang harus dilakukan oleh guru adalah menyusun perencanaan pengajaran atau dengan kata lain disebut juga dengan mendesain program pengajaran. Perencanaan adalah menyusun langkaha-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah diten-tukan. dengan penguasaan keahlian dalam menyusun program pengajaran sesuai tahap perkembangan siswa, menyiapkan pengajaran, menggunakan bahan-bahan ajar, mengelolah kegiatan belajar dan mendiag-nosis keberhasilan. Dalam peyusunan skripsi ini penmulis menggunakan beberapa pendekatan teknik pengumpulan data yaitu diantaranya melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penyebaran angket disebarkan kepada responden yang berjumlah 89 siswa kelas XI tahun ajaran 2011-2012. Upaya guru dalam pengembangan mata pelajaran kewirausahaan hanya mendapatkan persentase sebesar 25%, ini masih dalam kategori gagal atas apa yang dilakukan guru. Respon siswa dalam pengembangan mata pelajaran kewirausahaan hanya mendapatkan persentase 26.5%. sedangkan minat siswa dalam berwirausaha di SMK PGRI 1 Palimanan hanya 7 responden siswa yang melakukan wirausaha disekolah, jika dipersentasekan hanya 8%. Diantara usaha yang dilakukan siswa dalam berwirausaha dianataranya berjualan bulpoin, berjualan pulsa, kutek/cat kuku, aksesoris HP, berjualan jajanan ringan, berjualan kaos kaki dan sepatu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:07
Last Modified: 06 Jun 2017 06:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item