UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIIIF DI MTsN BABAKAN-CILEDUG KABUPATEN CIREBON

YAYAH SAKIYAH, (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIIIF DI MTsN BABAKAN-CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340058_Yayah Sakiyah__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

YAYAH SAKIYAH: “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Talking Stick pada Pembelajaran IPS-Ekonomi kelas VIIIF Di MTsN Babakan-Ciledug Kabupaten Cirebon”. Motivasi belajar merupakan penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, sebagai seorang guru seyogyanya memerankan diri sebagai motivator bagi murid-muridnya. Peran guru sebagai motivator ini diharapkan dapat mendorong peristiwa belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Namun, pada realitanya, kondisi pembelajaran IPS-Ekonomi pada siswa kelas VIII MTsN Babakan-Ciledug Kabupaten Cirebon, diketahui bahwa guru IPS kurang menyediakan suasana belajar yang kondusif, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif masih sangat rendah dan guru cenderung menggunakan metode konvensional pada setiap pembelajaran yang dilakukannya tanpa mengembangkannya. Hal ini menjadikan pembelajaran terkesan monoton, membosankan dan kurang menarik minat siswa sehingga motivasi belajar siswa kurang. Dimana siswa memilih kegiatan lain di luar konteks belajar seperti ngobrol saat jam pelajaran dimulai, mengantuk, dan izin keluar kelas. Talking stick merupakan salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena dalam pelaksanaannya penuh dengan nuansa permainan sehingga menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan data tentang penerapan talking stick, motivasi belajar siswa serta menggambarkan data tentang upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasilnya melalui penerapan talking stick pada pembelajaran IPS-Ekonomi kelas VIII di MTsN Babakan-Ciledug Kabupaten Cirebon. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah talking stick. Talking stick adalah metode pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan, memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan gagasan. Sehingga siswa dapat berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, talking stick juga memungkinkan terciptanya kondisi pembelajaran yang menyenangkan karena siswa bisa belajar sambil bermain. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang berbentuk empirik yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaborasi suatu alternatif pembelajaran. Data yang digunakan ada dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun teknik yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF MTsN Babakan-Ciledug Kabupaten Cirebon yang berjumlah 45 siswa. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan talking stick pada pembelajaran IPS-Ekonomi telah mampu meningkatkan aktivitas mengajar guru sebesar 3% dari 69% menjadi 72%. Aktivitas belajar siswa sebesar 8% dari 67% menjadi 72%. Selain itu, motivasi belajar siswa tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan 66% siswa menyatakan termotivasi. Salah satu upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan menerapkan talking stick pada pembelajaran IPS-Ekonomi dan hasilnya cukup memuaskan, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat 13,6% dari nilai rata-rata sebesar 70% pada prasiklus naik menjadi 82,3% pada siklus I naik lagi menjadi 83,6% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:09
Last Modified: 07 Jun 2017 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item