PENGARUH PEMBINAAN CLCK (CONTOH, LATIHAN, CONTROL, KERJA MANDIRI GURU) TERHADAP PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI MA SAHABAT ABAH GINTUNG KIDUL CIWARINGIN CIREBON

Arief Alifudin, (2012) PENGARUH PEMBINAAN CLCK (CONTOH, LATIHAN, CONTROL, KERJA MANDIRI GURU) TERHADAP PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI MA SAHABAT ABAH GINTUNG KIDUL CIWARINGIN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340060_ARIEF ALIFUDIN (58440845)__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arief Alifudin : “ Pengaruh Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, KerjaMandiri Guru) Terhadap Pengembangan Kompetensi Guru di MA Sahabat Abah Gintung Kidul Ciwaringin Cirebon”. kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya. Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Kompetensi guru yang dimaksud adalah meliputi kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian kompetensi profesional dan sosial yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Pembinaan berkala melalui pola/teknik CLCK bahwa kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran belum optimal hal ini dapat dilihat dari hasil supervisi awal terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan hasil penelitian bahwa kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis hasil evaluasi belajar siswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan CLCK dalam pengembangan kompetensi guru, mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh guru terhadap penerapan pembinaan CLCK, dan hasil pembinaan CLCK terhadap pengembangan kompetensi guru serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya dalam menggunakan pembinaan CLCK sehingga dapat mengembangkan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan dalam pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, observasi, dan wawancara.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di MA Sahabat Abah Gintung Ciwaringin Cirebon. Rumus yang digunakan dalam menganalisis data adalah rumus uji t. Kompetensi guru masih rendah perlu dikembangkan secara terprogram, berkelanjutan melalui system pembinaan professional yang diharapkan adalah dalam program pembinaan CLCK berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi, teknik mengajar, interaksi guru dan siswa, metode mengajar, pengelolaan pembelajaran untuk menyusun rencana pembelajaran dengan memperhatikan indikator. Faktor yang menyebabkan guru belum mampu melaksanakan pengolaan pembelajaran dengan tepat karena kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran belum optimal, ada yang mengcopy paste rencana pelaksanaan pembelajaran orang lain bahkan ada guru yang tidak membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil nilai korelasi adalah 0,88 nilai tersebut tergolang tinggi, dan nilai tersebut berada pada rentang 0,70 – 0.90. Sementara pengarunya sebesar 53% dan selanjutnya ditentukan oleh faktor lain Jadi dapat dinyatakan terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y terhadap pengembangan kompetensi guru, karena thitung lebih besar dari t tabel. Diperoleh angka t hitung 17,44 dan t tabel 0,472.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:17
Last Modified: 06 Jun 2017 02:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item