PELAKSANAAN POST-TEST DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN

SRI MURNIATI, (2012) PELAKSANAAN POST-TEST DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340061_SRI MURNIATI__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SRI MURNIATI : “Pelaksanaan Post-test dalam Pembelajaran Bidang Studi IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Mandirancan”. Dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan evaluasi sangatlah penting. Di SMP Negeri 1 Mandirancan kegiatan evaluasi diakhir pelajaran (post-test) sudah diterapkan, akan tetapi seiring dengan pelaksanannya, post-test yang dilakukan disinyalir masih belum disertai dengan semangat belajar siswa yang baik, bahkan hampir dalam setiap pelaksanaan post-test dikalanan siswa diduga masih belum memeperlihatkan adanya motivasi belajar yang baik, hal ini disebabkan oleh pelaksanaan post-test yang belum maksimal. Keadaan tersebut apabila dibiarkan maka akan berdampak buruk terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian tersebut yaitu untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan post-test dalam pembelajaran bidang studi IPS, untuk memperoleh infomasi mengenai pelaksanaan post-test dalam pembelajaran bidang studi IPS, dan untuk mengkaji data mengenai kendala yang dihadapi dalam proses belajar mengajar pada bidang studi IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Mandirancan. Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana tujuan dari pembelajaran tersebut sudah tercapai. Untuk mengukur atau mengetahui tujuan pembelajaran tersebut telah tercapai atau belum, guru dapat melakukan kegiatan post-test. Post-test merrupakan test yang diberikan setiap akhir pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya post-tet tersebut yaitu untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menyerap pelajaran yang telah disampaikan pada saat itu. Bagi siswa yang bersungguh-sungguh memperhatikan dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik maka hasil yang didapat akan baik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 mandirancan, namun tidak semua siswa yang diambil karena terlalu banyak sehingga penulis mengambil sampel sebesar 20% dari 212 siwa, sehingga sampel yang diambil sebanyak 42 siswa dari kelas VIII tersebut. Data yang diperoleh dengan menggunakan angket kemudian dianalisis. Untuk data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan logika, sedangkan untuk data yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan skala prosentase. Berdasarkan hasil perhitungan rekapitulasi angket maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan post-test yang dilakukan guru bidang studi IPS sudah baik (66% - 79%) yaitu mencapai 66,665%, sedangkan untuk pelaksanaan post-test yang diterapkan dalam bidang studi IPS masih kurang baik (40% - 55%) yaitu mencapai 52,142%, dan untuk kendala yang dihadapi dalam proses belajar mengajar termasuk kedalam kategori cukup (56% - 65%) yaitu sebesar 62,381%. Jadi pelaksanaan post-test dalam pembelajaran bidang studi IPS di SMP Negeri 1 Mandirancan harus diperbaiki lagi agar dapat berjalan secara tertib dan tidak ada tindakan kecurangan yang dapat merugikan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:19
Last Modified: 07 Jun 2017 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item