Penguasaan Kosakata Baku pada Generasi Z di Desa Kalimekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon

Siti Nurhamidah, (2021) Penguasaan Kosakata Baku pada Generasi Z di Desa Kalimekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
COVER sd DAFIS.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFUS.pdf

Download (523kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional di negara Indonesia. Hubungan antara bahasa dan masyarakat termasuk dalam ranah Sosiolinguistik. Faktor kedwibahasaan memiliki kemungkinan dapat memengaruhi pergeseran bahasa Indonesia, apalagi jika ditambah dengan penggunaan bahasa Indonesia yang tidak sesuai kaidah. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi. Salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia adalah kosakata. Penguasaan kosakata akan memengaruhi cara berpikir dan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa sehingga penguasaan kosakata bisa menentukan kualitas peserta didik dalam berbahasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penguasaan kosakata baku pada generasi Z dan faktor yang melatarbelakanginya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai, teknik wawancara, teknik kuesioner, dan metode simak. Informan pada penelitian ini Generasi Z yang bersekolah tingkat SLTA di wilayah Cirebon Timur. Instrumen pengumpulan data dengan kartu data. Teknik analisis data yang dipakai yaitu metode padan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata baku pada generasi Z dinyatakan belum cukup memenuhi standar. Faktor yang melatarbelakanginya ialah faktor internal dan eksternal. Dengan demikian, penguasaan kosakata baku pada generasi Z perlu ditingkatkan. Cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan penguasaan kosakata baku pada Generasi Z yaitu adanya dorongan dari orang tua, ditunjang dari strategi pembelajaran yang baik yang disusun guru, dan kebijakan perintah dalam mengadakan program khusus pelatihan bahasa. Penguasaan kosakata baku yang baik pada diri seseorang akan berpengaruh terhadap keterampilan berbahasanya dan keberadaan bahasa Indonesia baku.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 30 Sep 2021 08:59
Last Modified: 30 Sep 2021 09:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item