PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 8 CIREBON

Iis Sugianti, (2012) PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 8 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340065_IIS SUGIANTI (58440951)__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Iis Sugianti : Penggunaan Media Power Point dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi IPS di SMP Negeri 8 Cirebon Penggunaan media dipandang penting karena dapat membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan media yang dirancang semenarik mungkin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan akhirnya hasil belajar pun dapat ditingkatkan. Media power point merupakan media yang dapat digunakan oleh seorang guru untuk menciptakan suatu pembelajaran yang baik dengan dirancang semenarik mungkin sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Microsoft power point merupakan software pembelajaran berbasis komputer sebagai alat presentasi dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menarik dengan kemampuan pengolahan teks, warna, dan gambar serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreativitas penggunanya Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh data tentang penggunaan media power point pada bidang studi IPS di SMP Negeri 8 Cirebon. (2) memperoleh data tentang motivasi belajar siswa dengan penggunaan media power point pada bidang studi IPS di SMP Negeri 8 Cirebon. (3) memperoleh data tentang kendala apa saja yang dihadapi dalam penggunaan media power point untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS di SMP Negeri 8 Cirebon. Penelitian ini dilandasi dengan pemikiran bahwa penggunaan media power point yang diolah dan dirancang semenarik mungkin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih aktif dan dengan begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Objek penelitian dalam skripsi yaitu diambil satu kelas yaitu kelas VIII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Cirebon yang berjumlah 39 siswa. Teknik analisis data dengan jenis data yang diperoleh melalui angket dianalisis menggunakan rumus prosentase , sedangkan untuk data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dianalisis dengan menggunakan logika/dideskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point di SMP Negeri 8 Cirebon dikategorikan kurang baik, yaitu 53,85% atau berada pada prosentase 40-55%. Motivasi belajar siswa dengan penggunaan media power point pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Cirebon dikategorikan cukup baik, yaitu 57,69% atau berada pada prosentase 56-75%. Adapun kendala yang dihadapi dalam penggunaan media power point dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil wawancara penulis dengan salah seorang guru IPS di SMP Negeri 8 Cirebon meliputi tidak tersedianya prasarana atau media infocus di setiap ruang kelas yang dapat digunakan kapan saja, akan tetapi hanya terdapat di ruang multimedia dan ruang TIK saja. sehingga penggunaanya hanya akan banyak membuang waktu 10

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:37
Last Modified: 06 Jun 2017 05:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item