Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Dan Pemanfaatanya Sebagai Video Pembelajaran Novel Di SMA

Samuel Achmad Syukur, (2021) Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Dan Pemanfaatanya Sebagai Video Pembelajaran Novel Di SMA. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
AWALAN DLL.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Pemanfaatanya Sebagai Media Video Pembelajaran Novel di SMA serta relevansinya terhadap pembelajaran sastra pada siswa di SMA. Tujuan yang ingin di capai adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kajian sosiologi sastra atau nilai sosial yang terkandung dalam novel Hujan Bulan Juni yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sastra di SMA melalui novel tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif naratif. Subjek penelitian ini adalah novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Berdasarkan tujuan tersebut maka metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif biasanya mencakup informasi mengenai kejadian pokok yang ditemukan dalam penelitian, peserta penelitian, dan lokasi penelitian. Penelitian kualitatif merupakan penelitian bersifat deskriptif menggunakan analisis. Penelitian deskriptif sendiri untuk mengumpulkan suatu informasi secara terperinci mengenai mengindentifikasi masalah atau memeriksa kondisi, membikin suatu perbandingan atau evaluasi yang berlaku. Hasil penelitian menunjukan nilai sosial yang terkandung dalam novel Hujan Bulan Juni mencangkup nilai baik hati, nilai kerja sama, nilai cinta kasih, nilai tanggung jawab, nilai kepedulian, nilai empati, dan nilai menghormati. Novel Hujan Bulan Juni digunakan sebagai pembelajaran sastra di SMA karena menggunakan bahasa yang mudah di pahami dan menarik bagi peserta didik merupakan bacaan yang memiliki kisah percintaan yang dapat digunakan sebagai bacaan wajib dalam pembelajaran sastra

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:55
Last Modified: 04 Oct 2021 08:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5601

Actions (login required)

View Item View Item