PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS-EKONOMI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON

RIZKI FITRAKHATUN NIZA, (2012) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS-EKONOMI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340066_RIZKI FITRAKHATUN NIZA (58440962)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RIZKI FITRAKHATUN NIZA : “Penerapan Model Learning Cycle Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS-Ekonomi Siswa Kelas VII di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon” Dalam pembelajaran, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi pembelajaran, Untuk pencapaian sebuah hasil belajar yang maksimal salah satunya diperlukan sebuah model pengajaran yang baik dan juga disenangi oleh siswa, sehingga mereka merasa tertarik, semangat dalam belajar dan pada akhirnya akan mencapai nilai yang kita harapkan. Pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan potensi atau karakteristik peserta didiknya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, diketahui bahwa dalam pembelajaran bidang studi IPS-Ekonomi. Disinyalir guru kebanyakan menggunakan metode ceramah, yang mengakibatkan siswa cenderung pasif dan siswa merasa jenuh, karena siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa melibatkan siswa sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa tidak maksimal atau kurang bagus. Dengan itu, maka peneliti mencoba untuk menerapkan Model Learning Cycle dalam pembelajaran IPS-Ekonomi di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Learning Cycle pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Model Learning Cycle adalah salah satu model pembelajaran yang berpusat pada pembelajar (student centered). Learning Cycle merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga pembelajar dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperanan aktif. Wilayah Kajian dalam penelitian ini adalah Steategi belajar Mengajar, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Karangkendal Kapetakan Cirebon yang berjumlah 35 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan tes, kemudian dianalisis dengan rekapitulasi tes. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata hasil tes setiap sikulsnya diperoleh siklus I memiliki rata-rata 67,14%, rata-rata siklus II sebesar 74,00%, dan rata-rata siswa di siklus III sebesar 77,14%. Ada peningkatan dari setiap siklusnya, dengan itu dapat dinyatakan bahwa penerapan Model Learning Cycle dapat Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:40
Last Modified: 07 Jun 2017 01:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item