PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTORIK ANAK DIDIK KELAS VIII-B MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN Pelaku-Pelaku Ekonomi dan Panata Sosial (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MTs Negeri Karangampel Indramayu)

AYATIN, (2012) PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTORIK ANAK DIDIK KELAS VIII-B MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN Pelaku-Pelaku Ekonomi dan Panata Sosial (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MTs Negeri Karangampel Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340067_Ayatin__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AYATIN : „„PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTORIK ANAK DIDIK KELAS VIII-B MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN Pelaku-Pelaku Ekonomi dan Pranata Sosial (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MTs Negeri Karangampel -Indramayu)“ Bersadarkan penelitian awal di MTs Negeri Karangampel-Indramayu ditemukan bahwa, dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru selalu menggunakan metode konvensional seperti cerama dan tanya jawab. Di sini guru lebih aktif dalam pembelajaran dan dianggap sebagai satu – satunya sumber belajar bagi siswa, akibatnya biasanya menghasilkan siswa yang pasif, bosan dan monoton, sehingga kurangnya aktifitas siswa selama proses pembelajaran dan akhirnya berdampak pada kurangnya kreatifitas siswa dalam belajar, seperti siswa malas belajar, mengobrol ketika guru sedang menyampaikan materi. Dengan demikian proses belajar mengajar satu arah saja dari guru ke murid, sehingga murid hanya duduk, mencatat dan mendengarkan. Atas dasar itu penulis berkeinginan menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan salah satunya menerapkan metode proyek. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode proyek pada mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap penerapan metode proyek . dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada mata pelajaran IPS . (3) untuk mengetahui bagaimana peningkatan aspek psikomotorik anak didik dalam penggunaan metode proyek pada mata pelajaran IPS. Pembelajaran berbasis proyek adalah proyek perseorangan atau kelompok dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu, dan menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan. Dan laporan penyelesaian ntugas-tugas tersebut berupa laporant ertulis, berarti dalam ini siswa berkesempatan melatih rana psikomotorik siswa tersebut dalam mengelola data dan penulisan karya ilmiah. Metode pelaksanaan penelitian ini ini mengikuti prinsip kerja Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek penelitiannya adalah kelas VIII-B MTs Negeri Karangampel-Indramayu yaitu sebanyak satu kelas yang berjumlah 40 orang siswa, tahap pelaksanaan penelitian ini disajikan 3 pertemuan untuk 3 siklus. Kesimpulan :berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa prosentasi angket yaitu dari : 79,5% kuat-82,5% sangat kuat artinya penggunaan metode proyek dikelas VIII-B MTs Negeri Karanganmpel Indramayu telah dilaksanakan dengan baik dan sirespon positif oleh siswa, untuk hasil pengamatan tiap siklus dalam pembelajaran IPS telah memperoleh nilai ratarata 85-100. Artinya penggunaan metode proyek sebagai salah satu metode pembelajaran IPS di MTs Negeri Karangampel Indramayu dapat meningkatkan aspek psikomotorik anak didik dalam belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:57
Last Modified: 06 Jun 2017 01:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item