HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SQ4R DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPS-EKONOMI DI MTs AL-IKHLAS KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

NURHIKMAH, (2012) HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SQ4R DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPS-EKONOMI DI MTs AL-IKHLAS KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340069_NURHIKMAH__Ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

NURHIKMAH “ HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SQ4R DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPS-EKONOMI DI MTs AL-IKHLAS KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON”. Salah satu pembelajaran IPS-Ekonomi banyaknya materi dan cara guru memberikan materi yang monoton dan konvensional menjadikan siswa malas belajar dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa mendapat nilai kurang memuaskan. Berdasarkan dari hasil obervasi dengan guru mata pelajaran IPSEkonomi di MTs Al-Ikhlas Kabupaten Cirebon, rata-rata nilai ulangan harian sebesar 61,5 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70 dimana kebanyakan siswa masih dibawah standar kompetensi yang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang penggunaan metode pembelajaran SQ4R Kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, untuk mendapatkan informasi data hasil belajar siswa mata pelajaran IPSEkonomi Kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon dan untuk mengetahui data tentang hubungan penggunaan metode pembelajaran SQ4R dengan hasil belajar siswa Kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Penentuan metode pembelajaran secara tepat dan disesuaikan dengan materi memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik. Penerapan metode sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPS-Ekonomi yang dapat mengaktifkan siswa dan memotivasi siswa dalam belajar, sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dilakukan di MTs Al- Ikhlas Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Dengan sampel mengambil 20% kelas VIII sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji frekuensi, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis) dan uji korelasi. Hasil penelitian bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ4R Kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon sebagian besar siswa menjawab ya sebesar 59.5% dengen kriteria baik terletak pada rentang 55% - 74%, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Ekonomi sebesar 60.71 dengan kategori sedang terletak pada rentang 30 ≤ N- g ≤ 70. Ini membuktikab bahwa hasil belajar dengan kategori sedang dengan penggunaan metode SQ4R Kelas VIII di MTs Al- Ikhlas Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon dan hubungan antara variable X dan Y sebesar 0,700 dengan katagori tinggi pada rentang 0.70-0.90. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara metode pembelajaran SQ4R dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPS-Ekonomi kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:14
Last Modified: 06 Jun 2017 07:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item