PELAKSANAAN TES REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL

Ani Uliyah, (2012) PELAKSANAAN TES REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340070_ANI ULIYAH (58440939)__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ani Uliyah :”Pelaksanaan Tes Reflektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal Kurangnya kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Jadi seorang guru harus sering memberikan evaluasi kepada siswa agar siswa lebih siap dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk evaluasi yang bisa diterapkan adalah tes reflektif atau yang lebih dikenal sebagai pre test. Dengan guru memberikan pre test setiap akan memulai pembelajaran siswa akan lebih siap dalam menghadapi pelajaran, dan siswa juga akan belajar lebih giat lagi di rumah untuk mempersiapkan pelajaran yang akan diberikan oleh guru di kelas nanti. Sehingga hasil belajar siswa akan mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tes reflektif dalam pembelajaran IPS, kemudian bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan tes reflektif dan apa kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menghadapi tes reflektif. Tes reflektif merupakan tes yang diberikan di awal proses pembelajaran yang lebih dikenal sebagai pretest. Yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum memulai proses belajar mengajar, untuk mengetahui apakah siswa sudah siap untuk mengikuti pelajaran atau belum. Tes reflektif ini dapat diberikan secara lisan maupun tulisan. Jadi dengan diadakan tes reflektif ini guru dapat melihat seberapa besar kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran. Hal ini juga dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih rajin dirumah, karena mereka mengetahui kalau guru dikelas akan memberikan tes reflektif dan siswa ingin lebih siap dalam menghadapi tes reflektif tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, tes tulis, studi pustaka dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan rumus prosentasi. Pelaksanaan tes reflektif di SMP N 1 Suradadi sudah cukup baik sebesar 56%, tentunnya dalam pelaksanaan tes reflektif ini ditemui kendala-kendala baik kendala yang ada dalam diri siswa itu sendiri maupun kendala yang datang dari luar. Kendala-kendala tersebut dapat diatasi, dengan siswa lebih rajin belajar dan dari pihak sekolah dapat memenuhi sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa setelah sering diadakan tes reflektif juga mengalami peningkatan. Selain itu juga siswa lebih aktif dalam pembelajaran jika tes dilaksanakan secara lisan. Karena siswa yang sebelumnya pasif akan menjadi lebih aktif apalagi jika guru sering bertanya kepada siswa yang pasif tersebut. sehingga suasana kelas juga akan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:17
Last Modified: 06 Jun 2017 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item