Label Halal Dan Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Masyarakat Kota Cirebon (Studi Kasus Label Halal MUI Kota Cirebon di Desa Kebonbaru Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon)

Muhammad Chasbullah, (2021) Label Halal Dan Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Masyarakat Kota Cirebon (Studi Kasus Label Halal MUI Kota Cirebon di Desa Kebonbaru Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon). Bachelor thesis, Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
27. SKRIPSI MUHAMMAD CHASBULLAH NIM. 1414221029-1-25.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
27. SKRIPSI MUHAMMAD CHASBULLAH NIM. 1414221029-26-42.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
27. SKRIPSI MUHAMMAD CHASBULLAH NIM. 1414221029-106-107.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
27. SKRIPSI MUHAMMAD CHASBULLAH NIM. 1414221029-108-112.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Muhammad Chasbullah. NIM: 1414221029, “LABEL HALAL DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN PADA MASYARAKAT KOTA CIREBON (Studi Kasus Label Halal MUI Kota Cirebon di Desa Kebonbaru Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon)”, 2021. Kebutuhan manusia merupakan suatu keadaan akan Sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari. Menurut Kotler kebutuhan adalah suatu keadaan perasaan kekurangan akan kepuasan dasar tertentu. Sandang, pangan dan papan merupakan suatu kebutuhan bagi seluruh manusia. Pangan merupakan kebutuhan yang pokok bagi manusia. Pada dasarnya penelitian ini dilakukan berdasarkan teori bahwa konsumen muslim bukanlah konsumen yang permissive dalam pola konsumsinya, namun mereka memiliki pola konsumsi khusus dalam mengkonsumsi suatu produk yang diatur dalam ajaran agama Islam yang disebut syariat, dimana konsumen muslim tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi atau membeli produk-produk tertentu karena substansi yang dikandungnya atau prosen yang menyertainya tidak sesuai dengan syariat Islam. Konsumen muslim dibatasi oleh kehalalan dan keharaman yang dimuat dalam Al-Qur‟an dan Hadits yang menjadi panduan utama bagi seorang muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan dan tingkat keputusan pembelian masyarakat Kota Cirebon terhadap produk makanan dalam kemasan yang berlabel halal. Maka penelitian ini dilakukan dengan mengambil judul “LABEL HALAL DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN PADA MASYARAKAT KOTA CIREBON”. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan datanmya dengan melakukan penelitian lapangan (field research) untuk memperoleh data primer, dengan melakukan wawancara dan penelitian langsung terhadap salah satu pihak dari kantor MUI Kota Cirebon. Selain itu penulis juga melakukan penelitian kepustakaan (library research) untuk memperoleh data sekunder, yakni untuk memperoleh data ilmiah dan akurat yang bersumber pada buku-buku dan dokumen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa label halal merupakan suatu kebutuhan yang penting bagi kaum muslim, label halal sudah menjadi kebutuhan pokok dalam suatu produk makanan khususnya untuk kaum muslim. Label halal merupakan sebuah jaminan akan halalnya sebuah produk. Selain itu, disamping berfungsi untuk menjamin halalnya suatu produk, label halal juga mempengaruhi tingkat penjualan dari suatu produk. Dikarenakan Indonesia mayoritas penduduknya adalah muslim, maka jika tanpa adanya label halal yang berada di suatu produk, maka pastinya umat muslim pun tidak akan mengkonsumsi. Begitupun sebaliknya, oleh karena itu label halal juga sangat mempengaruhi dalam hal penjualan suatu produk. Kata kunci: Label Halal, Halal Life Style, Halal Food.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:59
Last Modified: 15 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item