PENGARUH PENERAPAN SISTEM KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN ( Studi Kasus di BMT Babussalam Weru Kab. Cirebon)

ANISAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN SISTEM KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN ( Studi Kasus di BMT Babussalam Weru Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANISAH_59320101_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANISAH : Pengaruh Penerapan Sistem Kompensasi dan Motivasi Terhadap Loyalitas Karyawan Sumber Daya Insani (SDI) adalah bagian terpenting atau bagian pokok dalam suatu organisasi bagi BMT, maju mundurnya BMT bergantung dari loyalitas karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Oleh karena itu perusahaan harus selalu memperhatikan kebutuhan karyawan yakni sistem kompensasi dan motivasi karyawan dalam bekerja. Pengupahan (kompensasi) yang efektif diharapkan dapat memberikan sumbangan pada terpeliharanya kelangsungan hidup satuan kerja, terwujudnya visi dan misi dan untuk pencapaian sasaran kerja serta motivasi yang ada pada diri seseorang dan kemampuannya dalam melaksanakan tugas pekerjaan secara lebih bertanggung jawab. Dalam teorinya pemberian kompensasi dan motivasi kepada karyawan yang sesuai dapat meningkatkan loyalitas karyawan dalam bekerja. Pada BMT Babussalam Weru Cirebon di dalam manajemennya telah memberikan kompensasi dan motivasi kepada karyawan yang cukup memadai, tetapi loyalitas karyawan belum tercapai. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh sistem kompensasi terhadap loyalitas karyawan?, bagaimana pengaruh motivasi terhadap loyalitas karyawan? dan bagaimana pengaruh sistem kompensasi dan motivasi terhadap loyalitas karyawan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem kompensasi terhadap loyalitas karyawan, untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap loyalitas karyawan selanjutnya untuk mengetahui pengaruh sistem kompensasi dan motivasi terhadap loyalitas karyawan. Penelitian dilakukan dengan metode empirik kuantitatif. Adapun pengumpulan datanya diperoleh melalui kepustakaan, wawancara dan kuesioner dari responden (karyawan BMT Babussalam) yang berjumlah 30 responden. Sampel dari responden ini adalah total, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis data yaitu teknik uji validitas instrumen, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda. Analisis tersebut kemudian diuji dengan menggunakan uji distribusi t (parsial), uji koefisien determinasi dan uji f (simultan). Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa sistem kompensasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan sebagaimana > (5.353 > 2.042), motivasi tidak ada pengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan sebagaimana < ( 1.574 < 2.042) ini karenakan motivasi dalam diri karyawan sendiri tidak ada di samping itu juga karena sikap dari pimpinan itu sendri yang menurut mereka tidak adil dan sama sekali tidak memberikan motivasi kepada para karyawan, selanjutnya manunjukan bahwa sistem kompensasi dan motivasi bersama-sama saling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan sebagaimana > (14.566 > 3.354). dan tingkat koefisien determinasi sebesar 51.9% sisanya sebesar 48.1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar pembahasan ini. Kata Kunci : Sistem Kompensasi, Motivasi dan Loyalitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:04
Last Modified: 07 Jun 2017 04:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item