Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan Dan Promosi Terhadap Minat Menggunakan Peer To Peer Lending “(Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Syekh Nurjati Cirebon)

Mohammad Faris Mardiana, (2020) Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan Dan Promosi Terhadap Minat Menggunakan Peer To Peer Lending “(Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
6. SKRIPSI M. FARIS MARDIANA NIM. 1608203150-1-25.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SKRIPSI M. FARIS MARDIANA NIM. 1608203150-26-34.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SKRIPSI M. FARIS MARDIANA NIM. 1608203150-110-111.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SKRIPSI M. FARIS MARDIANA NIM. 1608203150-112-115.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://syekhnurjati.ac.id

Abstract

MOHAMMAD FARIS MARDIANA, NIM: 1608203150, “PENGARUH SOSIALISASI, PENGETAHUAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PEER TO PEER LENDING “(STUDI KASUS PADA MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)”, skripsi 2020. Banyak aspek kehidupan yang berinovasi menggunakan kecanggihan teknologi, salah satunya yaitu aspek ekonomi baik dalam sektor riil maupun sektor keuangan. Kemajuan dalam sektor keuangan yang saat ini sedang berkembang pesat akhir-akhir ini adalah fintech (financial technology). Jenis fintech yang baru beroperasi di Indonesia salah satunya ialah peer to peer lending. Beberapa orang menyadari, bahwa dengan kondisi zaman sekarang ini gagap teknologi menjadi masalah yang besar. Terbukti dengan hasil survey menunjukan, literasi keuangan (Pasar Modal) masih sebesar 29,7 persen. Artinya, dalam hal ini tingkat pengetahuan masyarakat tentang sektor keuangan masih sangat rendah sehingga masih banyak yang terjerat investasi bodong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara sosialisasi, pengetahuan dan promosi terhadap minat menggunakan peer to peer lending. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan objek penelitian mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Syariah Ekonomi Islam angkatan 2017/2018 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 66 mahasiswa dari populasi sebanyak 198 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling dan menggunakan metode simple random sampling. Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian uji parsial (uji t) menunjukan bahwa variabel sosialisasi diperoleh nilai thitung (1,371) < ttabel (1,669) artinya tidak terdapat pengaruh signifikan sosialisasi terhadap minat menggunakan p2p lending. Variabel pengetahuan memperoleh nilai thitung (5,107) > ttabel (1,669) artinya terdapat pengaruh signifikan pengetahuan terhadap minat menggunakan p2p lending. Variabel promosi mendapat nilai thitung (4,206) > ttabel (1,669) artinya terdapat pengaruh signifikan promosi terhadap menggunakan p2p lending. Hasil uji simultan (uji f) menunjukan nilai Fhitung (58,534) > Ftabel (2,75) artinya terdapat pengaruh signifikan antara sosialisasi, pengetahuan, dan promosi terhadap minat menggunakan p2p lending. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,7396 artinya minat mahasiswa menggunakan p2p lending dapat diketahui atau dijelaskan oleh sosialisasi, pengetahuan, dan promosi sebesar 73,96%. Kata Kunci: Sosialisasi, Pengetahuan, Promosi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 Oct 2021 12:12
Last Modified: 23 Oct 2021 12:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5709

Actions (login required)

View Item View Item