Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust Pada Pengguna Aplikasi Dompet Digital Dana (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Naufal Luthfi Alifa, (2020) Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust Pada Pengguna Aplikasi Dompet Digital Dana (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
21. SKRIPSI 2020 PS NAUFAL LUTHFI ALIFA-1-26.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
21. SKRIPSI 2020 PS NAUFAL LUTHFI ALIFA-27-38.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
21. SKRIPSI 2020 PS NAUFAL LUTHFI ALIFA-136-137.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
21. SKRIPSI 2020 PS NAUFAL LUTHFI ALIFA-138-142.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NAUFAL LUTHFI ALIFA. NIM: 1608203146. “PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI BRAND TRUST PADA PENGGUNA APLIKASI DOMPET DIGITAL DANA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)”, 2020. Digitaliasi merambah seluruh lini kehidupan manusia, termasuk sistem pembayaran. Alat pembayaran di Indonesia mengalami evolusi dari sistem barter barang, lalu dikenal uang tunai, dan berkembanglah alat pembayaran non tunai berbasis kertas dan kartu, serta uang elektronik berbasis chip dan server. Aplikasi dompet digital DANA merupakan salah satu penyelenggara uang elektronik berbasis server yang menjadikan kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi sebagai stimulus dalam menarik dan mempertahankan loyalitas penggunanya. Namun masih banyak pengguna dan calon pengguna yang tidak percaya pada merek aplikasi dompet digital ini, melihat pengguna aktif DANA yang masih sedikit dibandingkan dengan jumlah pengguna internet Indonesia dan jumlah uang elektronik beredar selama 2018-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara kemudahan dan keamanan terhadap brand loyalty melalui brand trust sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan model analisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan total 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket melalui google formulir, dan teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung antara kemudahan terhadap brand trust pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pengguna aplikasi dompet digital DANA sebesar 0,625. Terdapat pengaruh langsung antara keamanan terhadap brand trust pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pengguna aplikasi dompet digital DANA sebesar 0,258. Terdapat pengaruh tidak langsung antara kemudahan terhadap brand loyalty melalui brand trust pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pengguna aplikasi dompet digital DANA sebesar 0,194. Terdapat pengaruh tidak langsung antara keamanan terhadap brand loyalty melalui brand trust pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pengguna aplikasi dompet digital DANA sebesar 0,080. Terdapat pengaruh langsung antara brand trust terhadap brand loyalty pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pengguna aplikasi dompet digital DANA sebesar 0,311. Kata kunci: Kemudahan, Keamanan, Brand Trust, Brand Loyalty, Dompet Digital.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:25
Last Modified: 25 Oct 2021 08:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5717

Actions (login required)

View Item View Item