Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Pergaulan Teman Sebaya Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif

Feni Ekayanti, (2020) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Pergaulan Teman Sebaya Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif. Bachelor thesis, Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
44. SKRIPSI 2020 PS FENI EKAYANTI-1-25.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
44. SKRIPSI 2020 PS FENI EKAYANTI-26-35.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44. SKRIPSI 2020 PS FENI EKAYANTI-167-168.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44. SKRIPSI 2020 PS FENI EKAYANTI-169-172.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

FENI EKAYANTI. NIM 1608203035. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF”, 2020. Kegiatan konsumsi merupakan tindakan yang dilakukan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan manusia. Apabila konsumsi dilakukan secara berlebihan dan bukan menurut kebutuhan, maka perilaku tersebut dinamakan perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif adalah tindakan individu sebagai konsumen untuk membeli, menggunakan atau mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan, tidak rasional, bahkan hanya untuk memperoleh pengakuan social, mengikuti mode atau kepuasan pribadi yang dapat menimbulkan pemborosan dan hanya mengutamakan keinginan atau kesenangan tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau manfaat dari barang atau jasa tersebut. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi individu untuk berperilaku konsumtif dapat berasal dari internal maupun eksternal individu tersebut. Faktor eksternal seperti iklan, keluarga, teman sebaya dan lingkungan. Sedangkan faktor internal seperti motivasi, proses belajar, dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Pergaulan Teman Sebaya dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Angkatan 2016/2017 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 208 mahasiswa dengan pengambilan sampel sebanyak 140 orang (67%). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini ialah Probability Sampling dan menggunakan metode Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial membuktikan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap variabel Perilaku Konsumtif Mahasiswa dengan sig hitung 0,031. Kemudian terdapat pengaruh pula antara variabel Pergaulan Teman Sebaya terhadap variabel Perilaku Konsumtif Mahasiswa secara positif dan signifikan dengan sig hitung 0,000. Dan yang terakhir variabel Literasi Keuangan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Perilaku Konsumtif Mahasiswa dengan sig hitung 0,256. Adapun pengaruh dari variabel Penggunaan Media Sosial Instagram, Pergaulan Teman Sebaya dan Literasi Keuangan secara simultan terhadap variabel Perilaku Konsumtif Mahasiswa, menunjukkan angka sig hitung sebesar 0,000 yang berarti berpengaruh positif dan signifikan. Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial Instagram, Pergaulan Teman Sebaya, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:27
Last Modified: 01 Nov 2021 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5744

Actions (login required)

View Item View Item