Analisis Program Pemberdayaan Dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Rumah Kreatif BUMN Kota Cirebon

Telly Siwi Nastitie, (2021) Analisis Program Pemberdayaan Dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Rumah Kreatif BUMN Kota Cirebon. Bachelor thesis, Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
55. SKRIPSI TELLY SIWI NASTITIE-1-24.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
55. SKRIPSI TELLY SIWI NASTITIE-25-32.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
55. SKRIPSI TELLY SIWI NASTITIE-115-116.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
55. SKRIPSI TELLY SIWI NASTITIE-117-119.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Kreativitas dalam usaha ekonomi di era saat ini sangat mempengaruhi terhadap pembeli, konsumen UMKM selaku usaha yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian negara dan menciptakan lapangan pekerjaan dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan saat ini akhirnya pemerintah bersama pengagasnya menteri BUMN yaitu Rini Soemarno membentuk Rumah Kreatif BUMN yang bersinergi dengan perusahaan-perusahaan BUMN dan tersebar di seluruh Indonesia tujuannya agar UMKM mendapatkan bentuk pelatihan untuk peningkatan UMKMnya. Analisis Program meninjau pelaksanaan Program yang telah terlaksana membandingkan apa yang telah dicapai dari program dengan standar yang telah ditetapkan, analisis program dapat digunakan untuk memeriksa tingkat keberhasilan apakah program diteruskan, ditunda, ditingkatkan, dikembangkan atau ditolak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitif dan jenis penelitian deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM binaan Rumah Kreatif BUMN sebanyak 15 UMKM terdiri dari 3 sample UMKM perbidangnya, bidang UMKMnya sendiri terdiri dari bidang makanan, minuman, fashion, craft, jasa serta pengurus Rumah Kreatif BUMN Cirebon. Hasil penelitian menunjukan analisis pelaksanaan program Rumah Kreatif BUMN Kota Cirebon mengalami peningkatan pada periode 2018 dan 2019 baik dari bantuan pendampingan, penguatan kelembagaan, kemitraan usaha, namun pada pemberian modal masih minim jumlah penerima serta belum merata ke semua bidang UMKM. Perkembangan UMKM Rumah Kreatif BUMN Kota Cirebon Cirebon pada periode 2018 dan 2019 dari jumlah anggota mengalami peningkatan dan secara keseluruhan mengalami peningkatan baik dari perkembangan modal, perkembangan kemasan, perkembangan marketing, dan izin usaha. Kendala dalam proses pelaksanaan program Rumah Kreatif BUMN Kota Cirebon Cirebon pada periode 2018 dan 2019 terdiri dari faktor internal berupa sarana/prasarana yang belum maksimal dan dari faktor eksternal berupa bahan baku, persaingan, kemampuan SDM. Kata kunci : Analisis Program, Pemberdayaan UMKM, dan Rumah Kreatif BUMN

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:29
Last Modified: 01 Nov 2021 01:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item