Pengembangan Parawisata Halal di Indonesia Tinjauan Bisnis Islam

Alvien Septian Haerisma, (2018) Pengembangan Parawisata Halal di Indonesia Tinjauan Bisnis Islam. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3 (2). ISSN 2549-4112

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri halal menjadi tren global dan peluang bisnis diberbagai negara. Industri halal membawa kemanfaatan bagi perekonomian Indonesia dilihat dari sisi produk. Ruang lingkup industri halal di tengah perekonomian global saat ini mencangkup beberapa aspek, diantaranya: Industri pelayanan keuangan, industri makanan dan minuman, industri farmasi dan obat-obatan, industri kecantikan kosmetik, industri rumah sakit dan pariwisata, dan industri fashion dan lifestyles. Pasar pariwisata halal menjadi masa depan sumber ekonomi suatu bangsa. Permintaan pariwisata halal dunia menunjukkan pertumbuhan positif sehingga seluruh negara belahan dunia harus menyiapkan infrastrukturnya dan menjadi peluang bisnis sebagai devisa negara tersebut. Aktivitas ekonomi sudah saatnya untuk memasukkan nilai-nilai etik diberbagai cabang bisnis. Terdapat lima aksioma kunci mengatur etika bisnis Islami didalamnya terdiri: kesatuan (unity), keseimbangan dan kesejajaran (equilibrium), kehendak bebas (free will), dan tanggungjawab (responsibility) dan kebajikan (benevolence). Etika bisnis Islam dalam pengembangan pariwisata halal di Indonesia sudah dilakukan oleh pemerintah, pengusaha atau pengelola pariwisata atau juga masyarakat luas sebagai konsumen dan stakeholder lainnya.

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Industri Halal, Pariwisata Halal, dan Etika Bisnis Islam
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:45
Last Modified: 04 Nov 2021 03:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item