PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI (Studi Analisis di Kelas XI MAN Model Ciwaringin Kabupaten Cirebon)

UJANG HERLI EFENDI, (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI (Studi Analisis di Kelas XI MAN Model Ciwaringin Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340072_ujang herli efendi__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UJANG HERLI EFENDI : Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Analisis di Kelas XI MAN Model Ciwaringin Kabupaten Cirebon). Dalam proses pembelajaran siswa diberikan berbagai ilmu pengetahuan serta berbagai kemampuan untuk dapat berfikir logis, analitis, sistematis, kritis kreatif dan mampu bekerja sama. dengan kemampuan yang dimiliki tersebut maka kualitas siswa dapat meningkat. Selain itu, salah satu factor keberhasilan kualitas siswa juga dipengaruhi oleh factor metode mengajar. oleh karena itu guru harus bisa memillih dan menentukan metode pengajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dan daya berfikir kritis siswa. Karena Tujuan IPS adalah meliputi berkembangnya 3 ranah yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik termasuk didalamnya kemampuan berfikir kritis. metode diskusi tepat digunakan untuk tujuan tersebut, meskipun demikian masih banyak siswa kurang dalam hal kemampuan berfikir kritis pada proses pembelajaran IPS Sosiologi. Sehingga timbul ketidakjelasan antara pengaruh penerapan metode diskusi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi, kemampuan berfikir kritis siswa dalam proses pembelajaran, dan seberapa besar pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di kelas XI MAN Model Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pemilihan dan penggunaan metode yang baik akan dapat memacu daya berfikir kritis siswa, salah satu diantaranya adalah dengan metode diskusi. Dengan metode diskusi maka diharapkan pelaksanaan proses pembelajaran dapat optimal sehingga memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Populasi penelitian sebanyak 160 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 25% dari populasi yaitu 40 siswa. Data yang terkumpul diuji tingkat validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase, uji regresi, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS v.17.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan penerapan metode diskusi tergolong cukup baik dalam pelaksanannya, terlihat dengan hasil yang diperoleh 55,8% dan kemampuan berfikir kritis siswa tergolong cukup baik dengan hasil yang diperoleh 64,5%. Besarnya pengaruh penerapan metode diskusi yaitu 19,7% berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Adapun persamaan garis regresi yaitu ŷ= 19.734 + 0.403X. Adapun perhitungan uji Anova didapat nilai Sig. = 0,004 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode diskusi (X) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa (Y).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 Feb 2017 04:05
Last Modified: 07 Jun 2017 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item