PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 9 Kota Cirebon)

RONI DARSONO, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 9 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340073_RONI DARSONO__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RONI DARSONO : “Penerapan Model Pembelajaran Every One Is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi ( Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 9 kota Cirebon)”. Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajari itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMA Negeri 9 Cirebon bahwa dalam pembelajarannya guru lebih banyak ceramah khususnya mata pelajaran IPS Ekonomi, sehingga siswa menjadi cepat bosan. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka guru harus mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis mapun praktek yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Every One Is a Teacher Here. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran Every One Is a Teacher Here pada mata pelajaran IPS Ekonomi, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Every One Is a Teacher Here di SMA Negeri 9 kota Cirebon. Kegiatan pembelajaran guru merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan, guru sebagai pendidik mempunyai tugas mengelola kegiatan pembelajaran Every One Is a Teacher Here yang memungkinkan kegiatan pembelajaran tersebut berjalan dengan aktif dan efektif. Dalam penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa penerapan model pembelajaran Every One Is a Teacher Here dalam pembelajaran IPS Ekonomi dapat membantu guru lebih mudah menyampaikan pelajaran. Selain itu memudahkan siswa untuk memahami pelajaran IPS dan menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari.Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, angket dan tes. Pengumpulan data dikumpulkan sejak awal penelitian sampai 3 siklus bersama mitra kolaborasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 9 Cirebon yang terdiri dari 19 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Hasil PTK ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Every One Is a Techer Here di kelas X SMA Negeri 9 Cirebon pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat diterapkan dengan baik dan direspon positif oleh siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi selama proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus III, baik dari hasil observasi tentang aktivitas siswa, akitivitas kinerja guru, hasil belajar siswa dan hasil angket. Hasil aktivitas siswa pada siklus I 62%, siklus II 76%, dan siklus III 84%. Hasil kinerja guru pada siklus 68%, siklus II 74% dan siklus III 92%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60%, siklus II 71,43% dan siklus III 88,57%. Adapun hasil angket sebagian besar siswa menjawab sangat setuju sebesar 41% dan menjawab setuju 42%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 Feb 2017 04:08
Last Modified: 07 Jun 2017 01:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item