HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON

ARDIANINGSIH, (2011) HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340075_ARDIANINGSIH_06480023__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ARDIANINGSIH : HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS IX DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON Dalam proses belajar mengajar, kesiapan belajar yang dilakukan siswa dipandang sangat mempengaruhi aktivitas belajar, karena kesiapan sangat erat hubungannya dengan masalah kematangan, minat, kebutuhan, dan tugas-tugas perkembangan. Siswa yang memiliki kesiapan belajar berarti siswa telah siap untuk menerima pengalaman baru dalam belajar serta siap menerima pelajaran baru sehingga siswa dapat mencapai tingkat kematangan tertentu. Di SMP Negeri 8 Kota Cirebon ditemukan siswa yang memperoleh prestasi belajar yang tidak sesuai dengan tingkat kematangan dan tujuan (kesiapan) yang dimiliki siswa tersebut khususnya pada bidang studi IPS Ekonomi. Hal ini disebabkan karena ketidaksiapan tingkat kematangan dan belajar siswa, sehingga siswa mengalami kesulitan untuk menerima dan memahami materi dalam proses belajar mengajar. Kesiapan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar, karena kesiapan belajar merupakan kondisi awal suatu kegiatan belajar yang membuat siswa siap untuk memberi respon atau jawaban yang ada pada diri siswa dalam mencapai tujuan pengajaran tersebut. Siswa yang telah memiliki kesiapan belajar akan mempunyai hasrat untuk belajar, dapat berkonsentrasi, dan ada motivasi terutama motivasi intrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kesiapan belajar siswa, prestasi belajar siswa, dan hubungan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas IX di SMP Negeri 8 Kota Cirebon, data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang diolah dengan menggunakan statistik. sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang siswa, menggunakan teknik sample acak / random sampling. Sedangkan alat ukur prestasi belajar dilihat dari nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2010-2011, teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS Ekonomi, yang mana kesiapan belajar siswa dalam penelitian ini termasuk kategori tinggi yang berada pada rentang 75% - 100% yaitu 82,95 % dikategorikan “baik” dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi termasuk kategori “cukup baik” sebesar 71,28%. Analisa data menggunakan uji korelasi product moment menunjukan bahwa antara kesiapan 0,15 dan thitung sebesar 6,004 sedangkan harga ttabel sebesar 1,6871, sehingga hipotesa altenatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) dtolak. Selanjutnya kesiapan juga memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 2,25%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 Feb 2017 04:17
Last Modified: 07 Jun 2017 04:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item