HUBUNGAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SMK PONDOK PESANTREN CANDANG PINGGAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU

Abidin, (2012) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SMK PONDOK PESANTREN CANDANG PINGGAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340078_ABIDIN_07440472__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abidin : Hubungan Kompetensi Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru di SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang Penelitian ini menjelaskan dua konsep utama, yaitu: kompetensi guru, terhadap produktivitas kerja guru. Secara operasional dua konsep tersebut digambarkan sebagai suatu rangkaian yang saling berkaitan. Dengan demikian kompetensi yang merupakan kemampuan dasar yang dimiliki guru dalam aspek pengetahuan, sikap dan perilaku berkenaan dengan konteks keguruan dan pendidikan menjadi pemicu munculnya produktivitas kerja. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah; apakah terdapat hubungan antara kompetensi guru terhadap produktivitas kerja guru di SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru di SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, Untuk mengetahui produktivitas kerja guru di SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara komptensi terhadap produktivitas kerja guru di SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan populasi guru SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu dengan jumlah 40 orang, sekaligus sebagai sample karena jumlahnya relatif kecil. Instrumen penelitian berupa angket (kuisioner) dengan skala likert yaitu untuk mengumpulkan data tentang kompetensi guru, dan produktivitas kerja guru. Dan analisis yang digunakan dengan korelasi product moment untuk menentukan koefisien korelasi dan derajat atau kuatnya hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil rekapitulasi hasil angket kompetensi guru SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang diperoleh data sebanyak 32,87% menjawab Ya, sedangkan 37,00% lainnya menjawab Kadang-kadang dan 30,13% menjawab Tidak, dan termasuk dalam kategori Cukup, Mengenai produktiitas kerja guru dari rekapitulasi hasil angket bahwa responden yang menjawab Ya hanya mencapai (37,50%) saja, sedangkan yang menyatakan Kadang-kadang mencapai (33,17%), dan yang menyatakan Tidak mencapai (29,33%), Dari hasil perhitungan korelasi antara kompetensi guru (X) terhadap produktivitas kerja guru ( Y ) menunjukan bahwa tingkat korelasi X dengan Y mencapai angka 0,674 artinya jika dikonsultasikan dengan tabel korelasi product moment menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dengan produktiitas kerja guru mencapai derajat 5% artinya untuk meningkatkan produktivitas kerja guru diperlukan peningkatan kompetensi guru Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja guru dengan cara meningkatkan tingkat kompetensi guru sehingga akan tercapai tujuan pendidikan serta dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMK Pondok Pesantren Cadangpinggan Sukagumiwang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 Feb 2017 04:38
Last Modified: 06 Jun 2017 01:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item