Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Teoretis Operasionalisasi Peningkatan Sdm Melalui Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Faridatun Ni’mah, (2021) Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Teoretis Operasionalisasi Peningkatan Sdm Melalui Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Masters thesis, Manajemen Pendidikan Islam PPs-IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER -DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Faridatun Ni’mah: Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Teoretis Operasionalisasi Peningkatan Sdm Melalui Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Iain Syekh Nurjati Cirebon. Peningkatan SDM pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0 bukan persoalan yang mudah, karena membutuhkan pemahaman yang mendalam pada tingkat konsep dasar tentang pengelolaan lembaga. Oleh karena itu, penelitian tentang manajemen pendidikan Islam pada era revolusi industry 4.0 dimana datanya diperlukan untuk dijadikan sumber bacaan sehingga bisa memenuhi pemahaman para akademisi dan peneliti tentang SDM pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan konsep MPI di era revolusi industri 4.0, (2) untuk mendeskripsikan operasionalisasi manajemen SDM pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0, dan (3) untuk menganalisis urgensi konsep MPI dalam meningkatkan SDM pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian tersebut menuntut sebuah pendekatan kualitatif dengan metode studi literature (pustaka). Selanjutnya, teknik penelitian yang digunakan dala penulisan tesis adalah biblio metriks, yaitu dengan cara meneliti dan memahami buku-buku, dokumen atau sumber tertulis. Sumber data primer diperoleh dari sumber asli terutama buku dan artikel yang berkenaan dengan konsep MPI 4.0 dan kaitannya dengan peningkatan SDM PI 4.0. adapun sumber sekunder yaitu dari buku, artikel, makalah baik cetak maupun online yang berkenaan dengan bagian-bagian dari variable seperti konseptualisasi MPI, operasionalisasi SDM 4.0, dan urgensinya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar bibliorafi, lembar observasi, dan dokumentasi. Terakhir, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, display, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep MPI 4.0 merupakan pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang menerapkan karakteristik revolusi industri dengan mendasarkan pada nilai-nilai agama yang berfungsi dalam mempermudah dan mempercepat pencapaian tujuan pendidikan Islam. (2) Operasionalisasi MSDM PI di era revolusi industri 4.0 dengan istilahnya mencakup 3 tahap pelaksanaan yaitu cara kerja pengelola pendidikan Islam 4.0, cara kerja tenaga pendidik, dan cara kerja siswa pendidikan Islam 4.0. (3) Urgensi MPI 4.0 dalam pendidikan Islam terdiri dari tiga hal pokok yaitu urgensi MPI 4.0 terhadap pengelolaan PI 4.0, urgensi MPI 4.0 dalam SDM PI, dan urgensi MPI 4.0, dan urgensi MPI 4.0 dalam pembelajaran. Data dalam peneliltian ini memberi sumbangsih keilmuan berupa pengetahuan tentang konsep dan operasionalisasi MPI 4.0 terhadap peningkatan SDM PI 4.0. keterbatasan penelitian ini terletak pada minimnya sumber bacaan tentang MPI 4.0, penelitian terbatas pada metode kualitatif, dan penelitian hanya membahas SDM PI saja, sementara aspek/factor lain tidak ada. Orisinalitas data ini yaitu gambaran tentang peningkatan SDM PI melalui MPI 4.0, dan konsep yang kuat tentang Manajemen SDM 4.0. Kata kunci: MPI, Era Revolusi Industri 4.0, SDM, Pendidikan Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:48
Last Modified: 12 Jan 2022 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item