PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN NASABAH TENTANG MEKANISME PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDY KASUS PADA BMT EL-KEDAWUNG)

Maskur, (2012) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN NASABAH TENTANG MEKANISME PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDY KASUS PADA BMT EL-KEDAWUNG). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MASKUR_58320191_ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Maskur: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Nasabah Tentang ` Mekanisme Pembiayaan Mudharabah Terhadap Loyalitas Nasabah Di BMT El – Kedawung Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di BMT El Kedawung Cirebon. 2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan nasabah tentang mekanisme pembiayaan mudharabah terhadap loyalitas nasabah di BMT El Kedawung Cirebon. 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan pengetahuan nasabah tentang mekanisme pembiayaan mudharabah secara simultan (bersamasama) terhadap loyalitas nasabah di BMT El Kedawung Cirebon. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan pendekatan kuantitatif. Upaya penyusunan bahan penelitian ini, tehnik yang digunakan 3 metode pengumpulan data yaitu: observasi, kuisoner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1. Analisis uji t (parsial), koefisien kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar 7,11dan signifikan. Yang berarti bahwa jika kualitas pelayanan baik maka loyalitas nasabah akan mengalami peningkatan. 2. Koefisien pengetahuan nasabah tentang mekanisme pembiayaan mudharabah memberikan pengaruh sebesar 6,149 dan signifikan, yang berarti bahwa jika pengetahuan nasabah tentang mekanisme pembiayaan mudharabah meningkat maka loyalitas nasabah akan semakin meningkat. 3. Berdasarkan uji F /simultan variabel X (kualitas pelayanan ) dan X2 (pengetahuan nasabah tentang mekanisme pembiayaan mudharabah) terhadap variabel Y (loyalitas nasabah). Setelah diketahui nilai F hitung (28,822)dan Ftabel (3,16) maka Fhitung > Ftabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya secara simultan kualitas pelayanan dan pengetahuan nasabah tentang mekanismepembiayaan mudharabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan rumus koefisien determinasi KD = x 100% nilai r kualitas pelayanandan pengetahuan nasabah yang diperoleh adalah 0,709 sehingga sebesar 0,502 jadi nilai kontribusi kualitas pelayanan dan pengetahuan nasabah tentang mekanisme pembiayaan mudharabah adalah 50,2 yang artinya loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan pengetahuan nasabah tentang mekanisme pembiayaan mudharabah sebesar 50,2% dan sisanya 49,8% dijelaskan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 03 Feb 2017 01:36
Last Modified: 07 Jun 2017 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item