PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG (Studi Kasus di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Perambabulan AL-Qomariyah)

NUR’ AFIFA, (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG (Studi Kasus di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Perambabulan AL-Qomariyah). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUR'AFIFA_59320190_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

NUR’ AFIFA : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG (Studi Kasus di Koperasi Simpan Pinjam Perambabulan Al-Qomariyah) Dengan maraknya persaingan saat ini setiap perusahaan berkonsentrasi untuk mendapatkan posisi terbaik dipasar daripada hanya sekedar bertahan hidup. Oleh karena itu perusahaan tidak hanya berusaha mendapatkan konsumen atau nasabah baru tetapi perusahaan berusaha keras mempertahankan pelanggan yang telah mereka dapatkan. Salah satunya dengan kualitas pelayanan dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat nasabah menabung dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap minat nasabah menabung di koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPS) Perambabulan Al-Qomariyah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 95 orang responden (nasabah), tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dan analisis datanya menggunakan regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan SPSS 16. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara parsial terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menabung. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis variabel kualitas pelayanan yang memiliki thitung 4,287 > 1,662 ttabel, sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap minat nasabah menabung. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis variabel promosi yang memiliki nilai thitung -1,262 < 1,662ttabel karena promosi di koperasi jarang dilakukan dan kebanyakan dari nasabah berminat menabung dikoperasi karena mendapatkan informasi tentang koperasi dari mulut ke mulut dan melihat dari pengalaman orang lain yang sudah menabung dikoperasi. Sedangkan secara simultan atau bersama-sama kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap minat nasabah menabung dikoperasi. Hasil uji regresi menunjukan bahwa kontribusi R Square (R2) sebesar 20,9% yang berarti kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang rendah dengan minat nasabah menabung. Sedangkan 79,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi dan Minat Nasabah Menabung

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:16
Last Modified: 12 Jun 2017 02:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item