PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al-Qomariyah)

Nurmayanti, (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al-Qomariyah). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURMAYANTI_59320193_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nurmayanti, PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al- Qomariyah). Kualitas pelayanan merupakan faktor pendukung kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka memberikan tingkat kepuasan kepada pelanggan terhadap produk barang/jasa yang diberikan. Tentunya kepuasan nasabah adalah faktor utama yang bisa membuat nasabah tetap setia dan tidak berpindah ke perusahaan lain. Tujuan penelitian ini adalan untuk memperoleh data tentang gambaran kualitas pelayanan karyawan dan gambaran kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al-Qomariyah, selain itu juga untuk mengetahui berapa besar pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah Koperasi simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al-Qomariyah. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan metode survey, dokumentasi, wawancara, dan menggunakan angket dengan jumlah responden 96 nasabah, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16. Data yang diperoleh diuji instrumen melalui uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian data ditransformasi dari ordinal ke interval, kemudian data diuji normalitas, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi sederhana, korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian nilai korelasi yaitu 0,487 artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al-Qomariyah. Dan dari uji koefesien determinasi diperoleh hasil sebesar 23,7% pengaruh antara kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al-Qomariyah, sedangkan 76,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dan hasil pengujian hipotesis variabel kualitas pelayanan t hitung 5,401 > t tabel 1,661 dengan taraf kesalahan 5%, sedangkan signifikasi 0,000 < 0,05 artinya sangat signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kualitas pelayanan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Perambabulan Al-Qomariyah. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:24
Last Modified: 12 Jun 2017 02:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item