Metode Zikir dan Awrad untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Post Pandemic Covid 19 di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah Tasikmalaya

Arief Hidayat Afendi, and Dedi Djubaedi, and Didin Nurul Rosidin, and Sumanta, (2021) Metode Zikir dan Awrad untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Post Pandemic Covid 19 di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah Tasikmalaya. Jurnal PSGD, 7 (2). pp. 42-53. ISSN 2685-8295

[img]
Preview
Text
Metode Zikir dan Awrad untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Post Pandemic Covid 19 di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah Tasikmalaya.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Pandemik Covid 19 adalah mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. Lebih dari 370 juta anak - anak dan remaja tidak belajar kar ena penutupan sementara atau tidak terbatas termasuk di Indonesia sebagai langkah upaya memutus rantai penyebaran covid 19. Penelitian ini mengkaji bagaimana gambaran umum tarekat Idrisiyyah dan bagaimana tarekat ini mampu menjadikan zikir dan awrad untuk membangkitkan psikologis siswa dalam pembelajaran post pandemic sehingga mampu merespons tantangan globalisasi. Syekh Akbar Muhammad Fathurrahman sebagai mursyid Tarekat Idrisiyyah berhasil menjadikan zikir dan award sebagai sarana untuk membangkitkan sema ngat belajar siswa Pondok Pesantren Al - Idrisiyyah Tasikmalaya masa pandemik covid 19. Manhaj pendidikan tarekat Idrisiyyah dengan metode tasawuf nubuwah juga berhasil membangkitkan semangat entrepreneurship pada para siswa sehingga siap untuk merespons glo balisasi. Pendidikan akhlak yang berbasis Tasawuf melalui zikir dan awrad merupakan penawaran model baru dalam dunia pendidikan dengan harapan adanya kerjasama dan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat teruta ma para ulama Muslim.

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sufisme; Pendidikan; Ekonomi; Modernitas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 May 2022 04:32
Last Modified: 23 May 2022 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6522

Actions (login required)

View Item View Item