HUBUNGAN EMOTIONAL QUALITY MANAGEMENT (EQM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS MAFATIHUL HUDA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON

ANIRI SUSILAWATI, (2012) HUBUNGAN EMOTIONAL QUALITY MANAGEMENT (EQM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS MAFATIHUL HUDA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANIRI SUSILAWATI_58440893__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANIRI SUSILAWATI : Hubungan Emotional Quality Management (EQM) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPSDi MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon Emotional Quality Management (EQM) pada dasarnya adalah sebuah Model, yakni Emotional Quality Management (EQM) tidak mempertentangkan atau mencari kecerdasan (IQ,EQ,AQ,SQ) mana yang terbaik, melainkan berfokus pada unsur fundamental di balik model kecerdasan itu, yaitu unsure emosi manusia itu sendiri yang mana penerapan model Emotional Quality Management (EQM) apabila tanpa disertai disiplin diri untuk berlatih, maka kematangan emosi akan sulit dicapai dan tidak akan berkembang. Tujuan dari model ini adalah untuk mengaktifkan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung dan untuk meningkatkan motivasi belajar siwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Memperoleh data tentang tingkat Emotional Quality Management (EQM) Siswa Kelas VIII pada mata pelajaran IPS Di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Memperoleh data tentang Motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, kemudian untuk Memperoleh data tentang seberapa besar Hubungan Emotional Quality Management (EQM) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada mata pelajaran IPS Di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap membosankan oleh para siswa, dengan adanya model EQM yang lebih menekankan pengelolaan emosi dalam diri sendiri, baik dalam diri guru maupun siswa, apabila diterapkan pada bidang study IPS maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan terjadi korelasi antara EQM yang menekankan pengaturan dan pengontrolan emosi dengan materi pembelajaran yang memerlukan motivasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalahTingkat Emotional Quality Management (EQM) SiswaKelas VIII pada Mata Pelajaran IPSDi MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon sebagian siswa menjawab option Ya sebesar 34,51dari hasil diatas dikategorikan Tidak Baik karena terletak pada rentang 0% - 39%. Motivasi Belajar Siswa pada bidang studi IPS di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon sebagian besar siswa menjawab option ya sebesar 57,85%dan termasuk dalamkategori Cukup dengan rentang 55% - 74%, dan hasil uji hipotesis thitung =0,435> ttabel = 0,275 pada taraf signifikan 0,05. Karena thitung = 0,435>ttabel =0,275maka dapat disimpulkan Ho ditolakdan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan antara Emotional Quality Managemet (EQM) terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2017 02:54
Last Modified: 06 Jun 2017 06:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item