PENERAPAN MODEL EVALUASI WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TENGAH TANI KABUPATEN CIREBON

ARI SAEFUL BAHRI, (2012) PENERAPAN MODEL EVALUASI WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TENGAH TANI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ARI SAEFUL BAHRI_58440801__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ARI SAEFUL BAHRI : Penerapan Model Evaluasi Word Square untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon Model evaluasi word square adalah model yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Pada prinsipnya model ini merupakan kegiatan belajar sambil bermain, namun lebih ditekankan pada pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penerapan model evaluasi word square di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon, dan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model evaluasi word square di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupatan Cirebon. Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap membosankan oleh para siswa, oleh karena itu perlu adanya metode dan model yang bervariasi. Model evaluasi word square diharapkan akan mampu membangkitkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan taknik pengumpulan data melalui tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model evaluasi word square di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupatan Cirebon termasuk dalam kategori baik kerena dari perhitunan angket tentang penerapan model evaluasi word square mencapai prosentase sebesar 71,7% (sebagian besar). Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon termasuk dalam kategori baik kerena dari perhitunan angket tentang motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon mencapai prosentase sebesar 67,3% (sebagian besar). motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model evaluasi word square di SMP Negeri 1 Tengah Tani Kabupatan Cirebon mengalami peningkatan yang signifikan, dengan peningkatan poin awal 2,1 menjadi 4 atau naik sebesar 1,9 poin dilihat dari rata-rata poin observasi. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata dari 72,5 menjadi 79 atau mengalami kenaikan sebesar 6,5 dan prosentase ketuntasan belajar dari 70,7% menjadi 87,7% atau mengalami peningkatan sebesar 7%. Hasil peningkatan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar termasuk kedalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2017 03:20
Last Modified: 06 Jun 2017 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item