PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Kelas VIII MTs AL-Ikhlas Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon)

ASTA JAEDIN, (2012) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Kelas VIII MTs AL-Ikhlas Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ASTA JAEDIN_58440846__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ASTA JAEDIN : “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Efektifitas Belajar Siswa Studi Kasus di Kelas VIII MTs ALIkhlas Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon” Dalam kegiatan belajar mengajar kinerja guru mempunyai tugas yang penting untuk keberhasilan kegiatan belajar mengajar, karena guru merupakan figur yang memegang peran penting yang diharapkan dapat mengarahkan siswa agar mencapai prestasi belajar yang optimal, Kinerja guru yang baik tentunya tergambar pada penampilan mereka baik dari penampilan kemampuan akademik maupun kemampuan profesi menjadi guru artinya mampu mengelola pengajaran di dalam kelas dan mendidik siswa di luar kelas dengan sebaik-baiknya. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang masih kurang efektif dalam kegiatan belajarnya meski kinerja guru tersebut sudah maksimal dalam mengajarnya tetapi efektifitas siswa dalm belajar kurang optimal bahkan guru tersebut secara akademik telah memenuhi keprofesionalannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru di MTs Al-Ikhlas Setupatok, mengetahui efektifitas belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap efektifitas belajar siswa di MTs Al-Ikhlas Setupatok Mundu-Cirebon Sebagai kerangka pemikiran dalam penelitian ini adakah guru memegang peran yang sangat penting dalam mencapai suasana belajar mengajar yang efektif dan kondusif, semakin tinggi kinerja guru, maka diduga semakin tinggi pula perestasi keberhasilan belajar yang dicapai oleh siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Kemudian data dianalisis melalui pendekatan kuantitatif, penulis menggunakan statistik analisis yang menggunakan rumus korelasi product moment dan untuk mengetahui prosentase kinerja guru terhadap efektivitas belajar siswa di MTs Al-Ikhlas Setupatok Mundu-Cirebon Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa adanya pengaruh yang cukup antara kinerja guru terhadap efektifitas belajar siswa berdasarkan hasil uji koerelasi di dapat 0,51 nilai tersebut tergolang cukup, dan nilai tersebut berada pada rentang 0,40 – 0.70. sementara pengarunya sebesar 26,01%. Jadi dapat dinyatakan terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y terhadap efektifitas belajar siswa, karena t hitung lebih besar dari t tabel. Diperoleh angka 4,57t hitung dan t tabel 0,633.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2017 03:24
Last Modified: 06 Jun 2017 01:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item