PENGARUH INTERMEZZO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI PADA KELAS VIII MTs AL-IKHLAS LIMBANGAN LOSARI BREBES

ASTRI K, (2012) PENGARUH INTERMEZZO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI PADA KELAS VIII MTs AL-IKHLAS LIMBANGAN LOSARI BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ASTRI KRISTINANINGSIH_58440894__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ASTRI K : “Pengaruh Intermezzo (Humor) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS-Ekonomi Pada Kelas VIII MTs Al- Ikhlas Limbangan Losari Brebes” Sekolah merupakan lembaga yang efektif terjadinya proses belajar mengajar (PBM) yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki pengetahuan, keterampilan serta kreatifitas dan tanggung jawab. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai peranan penting, karena berhasil tidaknya peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh strategi atau metode yang digunakan oleh pendidik. Dengan demikian dalam proses pengajaran seorang pendidik dituntut mempunyai strategi belajar mengajar yang digunakan, dengan harapan dapat neningkatkan pengetahuan dan mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang seberapa besar intermezzo dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al- Ikhlas Limbangan Losari Brebes. Penelitian ini dilatarbelakangi dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa tidak hanya datang dari dalam diri siswa itu sendiri tetapi juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan belajar salah satunya adalah pengaruh dari intermezzo dalam pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan tekhnik-tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Limbangan Losari Brebes berjumlah 139 siswa dengan sampel 25% dengan jumlah 35 siswa. Data kuantitatif kemudian diolah secara statistic dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intermezzo dalam pembelajaran merupakan suatu strategi yang menarik dalam proses belajar. Hal ini ditunjukan dengan respon siswa sebesar 42,13% intermezzo dalam pembelajaran demiakian menarik/menyenangkan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPSEkonomi naik sebesar 46,03%. Sedangkan pengaruh intermezzo terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS-Ekonomi pada kelas VIII MTs Al- Ikhlas Limbangan Losari Brebes, berdasarkan hasil perhitungan korelasi diketahui adanya pengaruh positif antara sebesar 0,775 yang berada dalam kategori kuat/tinggi. Adapun tingkat pengaruhnya berdasarkan hasil uji statistik sebesar 60,06% yang berarti masih terdapat 39,94% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS-Ekonomi di MTs Al-Ikhlas Limbangan Losari Brebes.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:02
Last Modified: 06 Jun 2017 01:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item