PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI KORELASINYA DENGAN DAYA INGAT BELAJAR (Studi kasus di kelas VII mata pelajaran IPS di SMP Plus Dar Al – Tauhid Arjawinangun Cirebon)

DAMAYANTI, (2012) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI KORELASINYA DENGAN DAYA INGAT BELAJAR (Studi kasus di kelas VII mata pelajaran IPS di SMP Plus Dar Al – Tauhid Arjawinangun Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DAMAYANTI_58440228__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

DAMAYANTI : PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI KORELASINYA DENGAN DAYA INGAT BELAJAR (Studi kasus di kelas VII mata pelajaran IPS di SMP Plus Dar Al – Tauhid Arjawinangun Cirebon) Kendala dalam dunia pendidikan saat ini pada umumnya terletak pada kesulitan para siswa dalam menangkap informasi, baik itu dalam memahami maupun mengingat kembali apa yang sudah dipelajari di sekolah. Proses belajar mengajar membutuhkan proses menyimpan informasi. Pemilihan suatu metode perlu diperhatikan salah satunya dengan menggunakan Metode Demonstrasi yang merupakan metode mengajar dengan menggunakan peragaan atau gambaran untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Penggunaan Metode Demonstrasi Korelasinya Dengan Daya Ingat Belajar dengan studi kasus kelas VII mata pelajaran IPS di SMP Plus Dar Al- Tauhid Arjawinangun Cirebon. Daya ingat merupakan sesuatu yang sangat penting bagi setiap orang terutama bagi para siswa yang masih duduk dibangku sekolah, mengingat materimateri yang disampaikan oleh guru-guru. Dengan adanya metode pembelajaran demonstrasi maka siswa akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang hal – hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data seperti angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian di lanjutkan dengan analisis skala prosentase dan hasil pengujian hipotesis (validitas, rebilitas, korelasi, koefisen dan uji hipotesis). Pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Demonstrasi Korelasinya Dengan Daya Ingat Belajar (Studi Kasus Di Kelas VII Mata Pelajaran IPS Di SMP Plus Dar Al – Tauhid Arjawinangun Cirebon) tergolong cukup baik hal itu dilihat dari hasil analisis data angket dengan menggunakan skor prosentase yang terletak pada rentang 55 % - 74% . Hal ini terlihat dari nilai yang di peroleh rata – rata memiliki nilai 59,2%. Penggunaan Metode Demonstrasi Korelasinya Dengan Daya Ingat Belajar sebesar = 7% dan sisanya 93% dipengaruhi atau ditentukan variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:26
Last Modified: 06 Jun 2017 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item