HUBUNGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATERI PRANATA SOSIAL KELAS VIII DENGAN PERILAKU SISWA DI MASYARAKAT (study kasus di SMP Negeri 3 Kasokandel Kabupaten Majalengka)

DEDE SITI MAEMUNAH, (2012) HUBUNGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATERI PRANATA SOSIAL KELAS VIII DENGAN PERILAKU SISWA DI MASYARAKAT (study kasus di SMP Negeri 3 Kasokandel Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEDE SITI M_58440806__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

DEDE SITI MAEMUNAH. 2012 : Hubungan Aplikasi Pembelajaran Materi Pranata Sosial Dengan Perilaku Siswa Kelas VIII Di Masyarakat (Studi Kasus Di Smp Negeri 3 Kasokandel Kabupaten Majalenngka) Pranata sosial merupakan kumpulan atau sistem norma yang mengatur tindakan manusia dalam kehidupan sosial. Hal itu berarti melakukan interaksi dan bertindak di dalam bertindak dan beriteraksi seseorang akan melalui proses belajar baik dari lingkungan dekatnya atau lingkungan luas. serta pola-pola yang mempunyai kedudukan tetap untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Pranata muncul dari yang sudah menjadi kebiasaan untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data Pengumpulan data tentang pembelajaran materi pranata sosial, perilaku siswa dimasyarakat dan hubungan antara pembelajaran materi pranata sosial di SMP Negeri 3 Kasokandel kelas VII di SMP Negeri 3 Kasokandel dengan perilaku siswa dimasyarakat. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa dalam pembelajaran materi pranata sosial yang berhubungan dengan lingkungan di masyarakat maka dari itu suatu perilaku siswa dapat memusatkan perhatiannya kepada hubungan antar individu dengan lingkungan masyarakat dan menerapkannya (nilai-nilai Sosiologi) yang di dalamnya seperti interaksi sosial, masyarakat bisa dengan cara berkomunikasi berinteraksi baik antara siswa dengan siswa, dengan orang tua maupun siswa diluar sekolah (warga masyarakat) tanpa menimbulkan suatu masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan empirik dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment setelah sebelumnya melewati tahapan skoring dan analisi prosentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Aplikasi pembelajaran materi pranata sosial di SMP Negeri 3 Kasokandel Kabupaten Majalengka dikategorikan cukup baik (48,85 %). Kedua, prilaku siswa kelas VIII di masyarakat di kategorikan baik (95,35%), Ketiga ada hubungan yang positif antara aplikasi pembelajaran pranata sosial dengan perilaku sisiwa kelas VIII di masyarakat hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang mencapai nilai 0,40 menunjukan korelasi yang “ sedang atau cukup”.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:31
Last Modified: 06 Jun 2017 02:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item