PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP N 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON

DEWI SARIPAH, (2012) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP N 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEWI SARIPAH_58440807__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

DEWI SARIPAH : “Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Dalam Menyelesaikan Soal MataPelajaran IPS TerpaduKelas VII di SMP N 1 Sumber Kabupaten Cirebon”. Bimbingan konseling merupakan bagian dari integral dari sistem pendidikan. Program kegiatan Bimbingan dan Konseling diperlukan oleh seluruh siswa, termasuk didalamnya siswa yang memiliki kesulitan. Salah satu masalah yang sering dihadapi siswa yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa dalam menjawab soal-soal pelajaran terutama pelajaran IPS. Hal ini sangat berkaitan dengan self confidence (kepercayaan diri) siswa ketika menghadapi soal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan bimbingan konseling, data kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan soal IPS, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan konseling terhadap kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan soal mata pelajaran IPS terpadu kelasVII SMP N 1 Sumber Kabupaten Cirebon. Bimbingan Konseling adalah suatu proses bantuan khusus yang diberikan kepada para siswa secara berkesinambungan dan terus menerus secara sistematis kepada para siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Salah satunya adalah kesulitan dalam mengerjakan soal yang dipengaruhi karena kurangnya self confidence (kepercayaan diri) yang tinggi. Padahal mungkin saja siswa tersebut sudah menguasai Konsep namun dalam beberapa keadaan yang menegangkan atau kondisi yang tidak nyaman rasa tidak yakin pada diri sendiri mungkin. Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan rasa percaya diri siswa dalam menyelesaikan soal ips pun akan lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan empirik dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket analisis yang digunakan adalah membuat tabel, uji prosentase, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas regresi, uji korelasi, dan uji determinasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Kesimpulan penelitian ini, adalah berdasarkan hasil analisis data bahwa kegiatan bimbingan konseling tergolong cukup dalam pelaksanaannya, terlihat dari hasil yang diperoleh 68,1%,dan hasil kepercayaan diri siswa tergolong cukup 63,7%.Besarnya pengaruh terhadap kepercayaan diri siswa dengan koefisien korelasi sebanyak 0,181 sedangkan kontribusi penerapan bimbingan konseling memberikan pengaruh terhadap kepercayan diri siswa sebanyak 18,1% dan sisanya 81,9% ditentukan oleh variabel lain. Adapun hasil uji hipotesis melalui perhitunganthitungmenunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh antara bimbingan konseling terhadap kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:35
Last Modified: 06 Jun 2017 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item