SISTEM KEPEMIMPINAN KOPERASI SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN AMANAT RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (R.A.T) Studi Kasus Koperasi Guru dan Karyawan di SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon Periode 2010-2011

Dodi Cahyana, (2012) SISTEM KEPEMIMPINAN KOPERASI SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN AMANAT RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (R.A.T) Studi Kasus Koperasi Guru dan Karyawan di SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon Periode 2010-2011. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DODI CAHAYA_58440852__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dodi Cahyana : “ Kepemimpinan Koperasi Sekolah Dalam Melaksanakan Amanat Rapat Anggota Tahunan (RAT) ”. (Studi Kasus Koperasi Guru dan Karyawan di SMAN 1 Babakan Cirebon Periode 2010-2011) Koperasi Guru dan Karyawan sebagai Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di lembaga pendidikan merupakan salah satu koperasi sekolah yang memiliki indikator kegiatan koperasi yang telah menunjuk bahwa potensi kesejahteraan ekonomi dan sosial di lingkungan sekolah khususnya pada staf guru dan karyawan lainnya akan muncul dengan adanya peningkatan kegiatan Koperasi Guru dan Karyawan tersebut. Namun kenyataannya pada koperasi guru di SMA Negeri 1 Babakan masih ada persoalan internal, diantaranya belum maksimalnya koordinasi antar pengurus yang mengakibatkan persoalan baru terjadi seperti minimnya usaha penjualan dan tidak stabilnya administrasi dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unit kerja (simpan pinjam dan dagang) pengurus koperasi guru dan karyawan; sistem kepemimpinan koperasi guru dan karyawan pada periode 2010-2011; dan mengetahui perkembangan koperasi guru dan karyawan selama periode 2010-2011. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah Strategi dan kebijakan pengurus koperasi dapat mempengaruhi perkembangan baik buruknya suatu koperasi. Perlu adanya langkah konkrit yang menjelaskan persoalan organisasi tersebut didalamnya adalah manajemen operasi yaitu salah satu aspek dari manajemen koperasi yang memusatkan perhatiannya terhadap pengelolaan variabel-veriabel kunci yang menentukan tercapainya efisiensi dan efektivitas kegiatan utama koperasi secara optimal. Manajemen keuangan yang mengupayakan tercapainya keseimbangan antara kebutuhan dana serta penggunaannya dan juga manajemen pemasaran yang dilakukan oleh suatu usaha untuk menimbulkan permintaan terhadap barang dan jasa yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, sedangkan dalam pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Babakan Cirebon. Sampel penelitian ini adalah Guru pendidik yang menjadi sebagai anggota koperasi, instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan hasil rata-rata akhir berdasarkan perhitungan dari program yang dilakukan oleh pengurus koperasi adalah 27,62% dan dapat dikategorikan cukup, kepemimpinan koperasi guru dan karyawan adalah 32,5% dan dapat dikategorikan cukup, dan perkembangan koperasi guru dan karyawan selama periode 2010-2011 adalah 32,55% dan dapat dikategorikan cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:40
Last Modified: 06 Jun 2017 03:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item