UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN IPS-SOSIOLOGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 CILIMUS

EROS MUTIARA, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN IPS-SOSIOLOGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 CILIMUS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EROS MUTIARA_58440900__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EROS MUTIARA : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran IPS-Sosiologi Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Cilimus. Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajarinya itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Cilimus bahwa dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan pemberian tugas khususnya mata pelajaran IPS, yang dapat menimbulkan kebosanan, kejenuhan dan kurang dapat dipahami ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Sosiologi yang menggunakan indikator dan langkah-langkah kegiatan cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah serta bertanya dan bekerja sama untuk menyelesaikan masalah. Setiap guru diberi kebebasan seluas-luasnya dalam memilih metode yang akan digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini berguna untuk mengantarkan siswa pada tujuan belajar yang telah direncanakan, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa dapat meningkat secara maksimal. Oleh karena itu, salah satu metode yang dapat diterapkan oleh guru baik dalam proses belajar mengajar ataupun penunjang hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Sosiologi adalah penerapan model cooperative learning teknik cooperative integrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha mengkaji dan mereflesikan secara kolaboratif suatu metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Penelitian Tindakan Kelas mempunyai empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cilimus yang berjumlah 41 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, wawancara dan angket. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus tindakan pembelajaran. Berdasarkan analisis kualitatif terhadap hasil tes dan observasi, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kegiatan belajar dan aktivitas murid sehingga hasil belajar murid meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh gambaran kinerja guru dengan tingkat ketercapaian indikator sebesar 72%. Pada siklus II kinerja guru mengalami peningkatan sebesar 10% dengan tingkat ketercapian indikator sebesar 82%. Pada siklus III kinerja guru mengalami peningkatan sebesar 16% dengan ketercapaian indikator sebesar 98%. Hasil observasi terhadap aktifitas murid meningkat dari 54% pada siklus I, dan 72% pada siklus II menjadi 90% pada siklus III. Hasil belajar murid pada siklus I 62,44 pada tes siklus II meningkat sebesar 6,58 sehingga menjadi 69,02 dan pada tes siklus III meningkat 10,25 sebesar sehingga menjadi 79,27. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning teknik cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada pembelajaran IPS termasuk baik. Secara kualitatif IKHTISAR EROS MUTIARA : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Cooperative Integrated menunjukkan bahwa dari siklus ke siklus hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada hasil siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 62,44 siswa yang tuntas adalah 20 anak, sehingga ketuntasan belajar siswa adalah 48,78%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata kelasnya yaitu sebesar 6,58 sehingga menjadi 69,02 siswa yang tuntas 30 anak, sehingga ketuntasan belajar siswa 73,17%. Pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 10,25 sehingga menjadi 79,27. Siswa yang tuntas 39 anak, sehingga ketuntasan belajar 95,12%. Dengan demikian secara kualitatif menunjukkan bahwa dari siklus ke siklus hasil belajar mengalami peningkatan. Rata-rata hasil tes dari siklus I sampai III sebesar 70,24%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:46
Last Modified: 06 Jun 2017 03:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item