HUBUNGAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN PERILAKU SISWA DI MTsN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA

EVI AFIVAH, (2012) HUBUNGAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN PERILAKU SISWA DI MTsN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EVI AFIVAH_07440525__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EVI AFIVAH : “HUBUNGAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN PERILAKU SISWA DI MTsN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA” Pada dasarnya setiap guru menghendaki siswa-siswanya memiliki konsep diri yang baik agar perilaku mereka sesuai dengan yang diharapkan. Siswa yang memiliki konsep diri yang baik akan mencerminkan perilaku yang baik karena konsep diri berpengaruh dalam menentukan perilaku seseorang. Konsep diri merupakan gambaran diri, pengharapan diri, dan penilaian terhadap diri sendiri. Seorang guru selalu mengadakan pengawasan terhadapdiri siswa, namun dalam kenyataannya permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana seorang guru tersebut dalam melaksanakan pengawasannya dengan baik, sebab masih banyak siswa yang memiliki konsep diri yang rendah yang menyebabkan siswa berperilaku negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji data tentang konsep diri siswa dan mengkaji data tentang perilaku siswa serta membuktikan adanya hubungan konsep diri siswa dengan perilaku siswa. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh kerangka pemikiran bahwa konsep diri siswa merupakan gambaran pada penilaian terhadap diri sendiri dan lingkungan. Dasar dari penyesuaian diri bagi individu yaitu kesadaran akan diri dan lingkungan. Kesadaran diri mengacu pada gambaran tentang diri dan penilaian pada diri sendiri sedangkan kesadaran terhadap lingkungan mengacu pada persepsi individu dan lingkungan yang kemudian menimbulkan perilaku, karena konsep diri merupakan pusat dari perilaku individu. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif, sedangkan untuk pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Leuwimunding Kab. Majalengka. Berdasarkan pengujian dengan uji t pada taraf signifikan berdasarkan perhitungan a = 0,05 dan n = 28-2, uji t satu pihak Dk= n-2 = 28-2 = 26 sehingga diproleh ttabel. = 1,706. ternyata diperoleh thitung lebih besar dari ttabel. 7,530 ≥ 1,706.artinya terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri siswa dengan perilaku siswa di MTsN Leuwimunding Kabupaten Majalengka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Feb 2017 07:33
Last Modified: 06 Jun 2017 03:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item View Item