PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

FIKRIYATUL JANNAH, (2012) PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FIKRIYATUL JANNAH_07440526___OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

FIKRIYATUL JANNAH “PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON” Seorang guru berusaha mengembangkan dan memajukan pendidikan, dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana seorang guru tersebut dalam melaksanakan tugasnya dengan baik, sebab akhir-akhir ini banyak siswa kurang memahami pelajaran yang disebabkan siswa yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara mengajar guru yang monoton sehingga menyebabkan siswa pasif. Oleh karena itu untuk menghindari siswa yang pasif guru hendaknya lebih cermat dalam memilih dan menggunakan media khususnya komputer untuk menanggulangi masalah siswa yang pasif tersebut menjadi siswa yang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang penggunaan media komputer di kelas X SMA Negeri 1 Perbedilan Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui data tentang prestasi siswa yang menggunakan media komputer dan yang tidak menggunakan media komputer di kelas X SMA Negeri 1 Perbedilan Kabupaten Cirebon dan untuk mengetahui data tentang perbedaan prestasi siswa yang menggunakan media komputer dan yang tidak menggunakan media komputer di kelas X SMA Negeri 1 Perbedilan Kabupaten Cirebon. Media komputer sebagai salah satu komponen belajar yang akan membantunya dalam menyalurkan pesan kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik terutama dalam nilai prestasi belajar. Penelitian ini mengambil sampel yang terdiri dari Kelas X.A sebanyak 34 siswa dan kelas X-B sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (hipotesis). Hasil penelitian penggunaan penggunaan media komputer pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Perbedilan Kabupaten Cirebon sebesar 60,4% siswa menjawab option sangat setuju, prestasi siswa yang menggunakan media komputer sebesar 44.42 dengan kategori sedang terletak pada rentang 30 ≤ N- g ≤ 70. Dan prestasi siswa yang tidak menggunakan media komputer sebesar 24.50 dengan kategori rendah terletak pada rentang N-g ≤ 30 dan perbedaan prestasi siswa yang menggunakan media komputer dengan siswa yang tidak menggunakan media komputer sebesar sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan gain eksperimen dan kontrol yaitu penggunaan X di SMA Negeri 1 Pabedilan Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Feb 2017 07:41
Last Modified: 06 Jun 2017 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item